PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI CERITA TENTANG DAERAHKU DIKELAS IV SDN 101832 PANCURBATU T.P 2023/2024

SITEPU, F X RIO THIAS, 2005030116 (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI CERITA TENTANG DAERAHKU DIKELAS IV SDN 101832 PANCURBATU T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (501kB)
[img] Text
BAB I-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (577kB)
[img] Text
BAB II-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (722kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (462kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan Media Pembelajaran Power Point, hasil belajar siswa tanpa dengan menggunakan Media Pembelajaran Power Point, dan pengaruh penggunaan Media Pembelajaran Power Point terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Cerita tentang daerahku di kelas IV SDN 101832 Pancurbatu Tahun Pelajaran 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian pretest dan post test. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 101832 Pancubatu Tahun Pelajaran 2023/2024. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh jumlah siswa kelas IV yang berjumlah 35 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 19 siswa dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 16 siswa. Hasil analisis jumlah nilai hasil belajar diperoleh nilai yang signifikan, pengujian hipotesis menggunakan rumus uji independen dua faktor untuk kelas eksperimen dan kontrol yaitu nilai Thitung = 2,493 dan nilai Ttabel = 2,0345 karena Thitung > Ttabel maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan media Power Point terhadap hasil belajar IPS di kelas IV SD Negeri 101832 Pancurbatu Tahun Ajaran 2023/2024

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Power Point Learning Media, Social Sciences Lessons
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 550 Earth Sciences
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IJuniko Esra Tarigan, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0110068902
Pembimbing IIDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0010026601
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: FX RIOTHIAS SITEPU
Date Deposited: 27 May 2024 03:39
Last Modified: 27 May 2024 03:39
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2633

Actions (login required)

View Item View Item