PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD DHARMA WANITA PERTIWI TAHUN AJARAN 2023/2024

PANJAITAN, NAOMI OKTA NATALIA, 2005030207 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD DHARMA WANITA PERTIWI TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (353kB)
[img] Text
Abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (418kB)
[img] Text
BAB I (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (321kB)
[img] Text
BAB II (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (244kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (931kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (308kB)
[img] Text
Lampiran (2).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran PowerPoint terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Quasi Eksperimen. Sampel yang diambil dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas 5a sebagai kelas kontrol dimana pembelajaran tanpa menggunakan media dan kelas 5b sebagai kelas eksperimen pembelajaran menggunakan media PowerPoint. Kedua kelas ini mendapatkan perlakuan yang berbeda. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar IPA adalah tes pilihan berganda berupa pretes dan posttest sebanyak 10 soal. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 58 dan kelas kontrol 64 hasil uji t diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 84 dan kelas kontrol 75.33 dari hasil uji-t diperoleh perbedaan rata-rata nilai posttes yang signifikan dengan =0,05 diperoleh t = 2.1753 dan t = 2.0484 maka, t > t (2.1753 > 2.0484) berarti H ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan signifikan akibat pengaruh media PowerPoint terhadap hasil belajar siswa materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya di kelas V semester II SD Dharma Wanita Pertiwi Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PowerPoint Media, Learning Results, Science
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 550 Earth Sciences
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Gemala Widiyarti, S.Sos.,I.,M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0123098602
Pembimbing IIJuniko Esra Tarigan, S.Pd.,M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0110068902
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: NAOMI OKTA NATALIA PANJAITAN
Date Deposited: 25 May 2024 04:37
Last Modified: 25 May 2024 04:37
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2638

Actions (login required)

View Item View Item