PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV UPT. SEKOLAH DASAR NEGERI 064025 TAHUN AJARAN2023/2024

SIAGIAN, DARMAWATI, 2005030043 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV UPT. SEKOLAH DASAR NEGERI 064025 TAHUN AJARAN2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI DARMA TGL11.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (384kB)
[img] Text
Abstrak skripsi darma tgl11.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (225kB)
[img] Text
skripsi darma bab1 tgl 11.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (347kB)
[img] Text
skripsi darma bab 2 tgl 11.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (552kB)
[img] Text
Skripsi darma bab3,4,5 tgl 11.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
daftar pustaka skrpsi darma tgl 11.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (425kB)
[img] Text
Lampiran skripsi darma tgl11.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat ke validan dan kepraktisan pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam non hayati kelas 4 SD negeri 06 40 25 Medan tuntungan. Jenis penelitian pengembangan yang digunakan oleh peneliti adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Penelitian ini telah dilaksanakan di UPT SD Negeri 064025 Medan Tuntungan, penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 25 - 26 januari 2024 Tahun Ajaran 2023/ 2024. Hasil penelitian menunjukkan kevalidan dilihat dari validator berupa lembar angket, berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil persentase dari validasi ahli materi sebanyak 90 % dengan kriteria sangat valid, hasil persentase validasi ahli media sebanyak 92,5 % dengan kriteria sangat valid serta kepraktisan dilihat dari angket respon guru terhadap media pembelajaran big book menunjukkan hasil persentase validasi sebanyak 90 % dinyatakan sangat praktis. Hasil persentase dari angket respon siswa sebanyak 91,75 % dinyatakan sangat praktis. simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran big book yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dan sangat praktis dalam penggunaannya dalam proses pembelajaran untuk itu disarankan bagi guru yang menggunakan media yang dikembangkan peneliti dapat digunakan sebagai referensi dalam proses pembelajaran IPA khususnya materi sumber daya alam non hayati.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Development, big book learning media
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRinci Simbolon, S.Pd.,M.Pdsimbolonrinci@gmail.comNIDN. 0121118703
Pembimbing IIRestio Sidebang, S.Pd.,M.Pdrestiosidebang@gmail.comNIDN. 0129038101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: DarmaWati Siagian
Date Deposited: 27 May 2024 08:27
Last Modified: 27 May 2024 08:27
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2640

Actions (login required)

View Item View Item