PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERUPA MINIATUR RUMAH BERBASIS PRAKTIKUM PADA MATERI RANGKAIAN LISTRIK KELAS VI SD NEGERI 064023 KEMENANGAN TANI TAHUN PELAJARAN 2023/2024

SIMANJUNTAK, RYOTOMI JOPIZA, 2005030243 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERUPA MINIATUR RUMAH BERBASIS PRAKTIKUM PADA MATERI RANGKAIAN LISTRIK KELAS VI SD NEGERI 064023 KEMENANGAN TANI TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPULCOVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (260kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (57kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (127kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (534kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (829kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (351kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (571kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan pengembangan Media Pembelajaran IPA Berupa Miniatur Rumah Berbasis Praktikum pada materi Rangkaian Listrik kelas VI B SD Negeri 064023 Kemenangan Tani. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian Research and Development dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Adapun lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 064023 Kemenangan Tani tepatnya berada di JL. Jamin Ginting KM, 12 Kec. Medan Tuntungan dan waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 02 Februari 2024 selama 1 hari. Subjek penelitian ini adalah SD Negeri 064023 Kemenangan Tani, Kecamatan Medan Tuntungan kelas VI B yang berjumlah 32 Orang. Hasil penelitian menunjukkan kevalidan dilihat dari hasil keseluruhan validator berupa lembar validasi dengan persentase nilai dari validator ahli materi 96,1% , persentase nilai dari validator ahli media 96,4% dan termasuk kategori Sangat Valid, serta kepraktisan dapat dilihat melalui hasil angket respon Guru dengan persentase nilai 96% sehingga dapat disimpulkan bahwa media miniatur rumah yang dikembangkan termasuk dalam kategori praktis. Simpulan penelitian ini adalah miniatur rumah yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis dalam penggunaannya untuk proses pembelajaran. Untuk itu disarankan bagi guru yang menggunakan media miniatur rumah yang dikembangkan ini dapat digunakan sebagai referensi dalam pembelajaran, maka diharapkan dapat memanfaatkannya sebagai media di sekolah khususnya pada materi Rangkaian Listrik.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Development, Miniature Home Media, Electrical Circuits
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 530 Physics
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IFrikson Jony Purba, S.Si.,M.Pdpurbafrikson@gmail.comNIDN. 0104048701
Pembimbing IIVera Dewi Kartini Ompusunggu, S.Pd.,M.Pdnasranidua_ompusunggu@yahoo.comNIDN. 0121048704
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: RYOTOMI JOPIZA SIMANJUNTAK
Date Deposited: 27 May 2024 07:17
Last Modified: 27 May 2024 07:17
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2645

Actions (login required)

View Item View Item