PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR CERDAS BANGSA T.A 2023/2024

TARIGAN, EMI TRIANA Br, 2005030047 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR CERDAS BANGSA T.A 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
1 sampul.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (720kB)
[img] Text
2 abstarck.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (727kB)
[img] Text
3 BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (745kB)
[img] Text
4_bab_2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (555kB)
[img] Text
5 BAB lll-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
6 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (426kB)
[img] Text
7 lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA materi benda dan sifatnya, untuk mengetahui hasil brlajar siswa dengan tidak menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada hasil belajar IPA materi benda dan sifatnya, untuk mengetahui hasil siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada hasil belajar IPA materi benda dan sifatnya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Quasi Eksperimen dengan indtrumen penelitian tes esay sebanyak 5 soal. Sampel yang diambil dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning, dan kelas kontrol pembelajaran tanpa menggunakan model Problem Based Learning,kedua kelas ini mendapatkan perlakukan yang berbeda. Analisis data adalah uji t. Hasil rata-rata nilai tes akhir yang diperoleh V-A 83,21 yaitu kelas eksperimen yang di ajarkan dengan menggunakan model Problem Based Learning dan kelas V-B 57,77 yaitu kelas kontrol yang diajarkan tanpa menggunakan model Problem Based Learning. Tabel frekuensi nilai tes akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat didistribusikan dalam bentuk tabel frekuensi dan gambar dalam bentuk diagram batang untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan model Problem Based Learning dan pembelajaran tanpa model Problem Based Learning. Pengujian hipotesis mengunakan uji independen antara dua faktor dengan taraf signifikan a=0,05 dan dk(2-1)(3-1)sehingga didapat nilai uji hipotesis yaitu X_hitung^2=24,373>X_(tabel )^2=5,99 maka Ho ditolak H1 diterima. Dari hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPA Materi Benda dan Sifatnya di kelas V SD Cerdas Bangsa T.A 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning Model.Material objects and their properties, Science Learning Outcomes
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. SEJAHTRA, M.Pdsejahtra.212@gmail.comNIDN. 0017096602
Pembimbing IIIRWANSYAH, M.Pdiirwan135@gmail.comNIDN. 0115098701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: EMI TRIANA BR TARIGAN
Date Deposited: 29 May 2024 08:12
Last Modified: 29 May 2024 08:12
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2650

Actions (login required)

View Item View Item