PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA PADA MATERI PANAS DAN PERPINDAHANNYA DIKELAS V SD NEGERI 064025 MEDAN TUNTUNGAN T.P 2023/2024

MANIK, SAFIRA NURUL HUDA, 2005030195 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA PADA MATERI PANAS DAN PERPINDAHANNYA DIKELAS V SD NEGERI 064025 MEDAN TUNTUNGAN T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
sampul sfr_merged.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (563kB)
[img] Text
abstrak safita.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (328kB)
[img] Text
bab 1 safira-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (278kB)
[img] Text
bab 2 safira.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (418kB)
[img] Text
bab 3 - 5 .pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (873kB)
[img] Text
daftar pustaka (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (263kB)
[img] Text
lampitan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan media PowerPoint dan pembelajaran Konvensional pada materi Panas dan Perpindahannya di kelas V SDN 064025 Medan Tuntunggan. Adapun masalah dari sekolah tersebut adalah Model pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran IPA masih kurang bervariasi. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan instrument penelitian ini adalah tes. Hasil nilai rata-rata tes akhir yang diperoleh kelas VA 23 yakni kels kontrol dengan menggunakan media PowerPoint dan kelas VB 21 yakni kelas Eksperimen. Tabel frekuensi nilai test akhir kelas kontrol dan kelas Eksperimen dapat di distribusikan dalam tabel frekuensi absolute dan frekuensi relative kemudian digambarkan kedalam bentuk diagram untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan media PowerPoint dikelas eksperimen dan pembelajaran Konvensional kelas kontrol. dapat diketahui bahwa thitung sebesar 2,132dan ttabel sebesar 2,018 pada taraf signifikan α = 0,05. Maka kriteria thitung > ttabel yaitu 1,67886 > 2,106. Hal ini membuktikan bahwa hasil belajar tematik siswa yang diajarkan dengan menggunakan media PowerPoint lebih tinggi di bandingkan dengan hasil belajar tematik siswa dengan menggunakan konvensional. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media PowerPoint terhadap hasil belajar IPA materi Panas dan Perpindahannya di kelas V SDN 064025 Medan Tuntunggan Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Learning Media, Power PoinT
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IJUNIKO ESRA TARIGAN, S.Pd., M.Pdjuniko.tarigan@gmail.comNDIN. 0110068902
Pembimbing IIDr. SRIE FAIZAH LISNASARI,, M.Sifaizahsrie2502@gmail.comNIDN. 0025026706
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SAFIRA NURUL HUDA
Date Deposited: 30 May 2024 04:18
Last Modified: 30 May 2024 04:18
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2652

Actions (login required)

View Item View Item