PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP MOTIVASI MENGAJAR GURU SD SWASTA ABDI SUKMA MEDAN T.P 2023/2024

RAIHAN, NURSAKINAH, 2005030265 (2024) PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP MOTIVASI MENGAJAR GURU SD SWASTA ABDI SUKMA MEDAN T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER NURSAKINAH.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (341kB)
[img] Text
Abstra Nursakinah .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (92kB)
[img] Text
BAB I Nursakinah docx.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (21kB)
[img] Text
BAB II nursakinah raihan .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (129kB)
[img] Text
BAB III-V SAKINAH.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (605kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA NURSAKINA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (137kB)
[img] Text
Lampiran sakinah .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaimana motivasi mengajar guru dengan menggunakan kurikulum K-13 di SD Swasta Abdi Sukma pada tahun pelajaran 2023/2024, 2) Bagaimana motivasi mengajar guru dengan menggunakan kurikulum merdeka di SD Swasta Abdi Sukma Medan pada tahun pembelajaran 2023/2024, 3) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan penerapan kurikulum merdeka terhadap motivasi mengajar guru di SD Swasta Abdi Sukma Medan pada tahun pembelajaran 2023/2024. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada guru di SD Swasta Abdi Sukma Medan yang menerapkan Kurikulum k-13 dan kurikulum Merdeka. Analisis regresi linear digunakan untuk menguji hubungan antara variabel independen (penerapan Kurikulum Merdeka) dan variabel dependen (motivasi mengajar guru). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SD Swasta Abdi Sukma Medan yang berjumlah 9 guru. Hasil penelitian adalah sebagai berikut (1) Motivasi mengajar guru dengan menggunakan kurikulum K-13 di SD Swasta Abdi Sukma pada tahun pelajaran 2023/2024 dinyatakan baik dengan perolehan 100% dari hasil penelitian. (2) Motivasi mengajar guru dengan menggunakan kurikulum merdeka di SD Swasta Abdi Sukma Medan pada tahun pembelajaran 2023/2024 dinyatakan sangat baik dengan perolehan 40% dan baik dengan perolehan 60%.. (3) Ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan kurikulum merdeka terhadap motivasi mengajar guru di SD Swasta Abdi Sukma Medan pada tahun pembelajaran 2023/2024, maka peneliti menyatakan adanya pengaruh yang signifikan penerapan kurikulum merdeka terhadap motivasi mengajar guru dengan diperolehnya hasil uji hipotesis data ialah T hitung (-4,8089) > T tabel (1,8945),Maka dapat disimpulkan bahwa sebagian besar guru mengakui adanya penerapan Kurikulum Merdeka, namun, terdapat perbedaan signifikan dalam tingkat motivasi mengajar antara guru yang masih muda dan guru yang sudah tua. Guru yang sudah tua cenderung mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan perubahan kurikulum, yang dapat mempengaruhi motivasi mereka dalam mengajar. Faktor-faktor seperti kurangnya pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka, ketidak pastian terkait evaluasi kinerja, dan kurangnya dukungan sosial dari rekan kerja dapat menjadi hambatan bagi motivasi mengajar mereka. Temuan ini menyoroti pentingnya menyediakan dukungan dan sumber daya yang tepat bagi guru yang sudah tua agar mereka dapat mengatasi tantangan yang terkait dengan perubahan kurikulum, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan kualitas pengajaran mereka.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Independent Curriculum, teacher teaching motivation.
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRESTIO SIDEBANG, S.Pd, M.Pdrestiosidebang@gmail.comNIDN. 0129038101
Pembimbing IIBIJAK GINTING, S.Sn., M.Humbijakginting@gmail.comNIDN. 0108046804
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: NURSAKINAH RAIHAN
Date Deposited: 27 May 2024 07:30
Last Modified: 27 May 2024 07:30
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2665

Actions (login required)

View Item View Item