PENGARUH MEDIA BENDA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 060938 KWALA BEKALA KEC. MEDAN JOHOR T.A. 2018/2019

VERONIKA, CICI, 1505030062 (2019) PENGARUH MEDIA BENDA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 060938 KWALA BEKALA KEC. MEDAN JOHOR T.A. 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (312kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (337kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (620kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (811kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (216kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media benda konkret terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi sifat-sifat bangun ruang balok dan kubus kelas IV SD Negeri 060938 Kwala Bekala Kec. Medan Johor Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 060938 Kwala Bekala Kec. Medan Johor yang berjumlah 40 siswa dan sekaligus menjadi sampel penelitian yang terbagi menjadi dua kelas paralel. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah berupa tes dan analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan pengujian hipotesis. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi sifat-sifat bangun ruang balok dan kubus setelah menggunakan media benda konkret diperoleh nilai rata-rata 80,50 dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi sifat-sifat bangun ruang balok dan kubus setelah menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata 72,50. Maka dapat disimpulkan ada pengaruh dalam penggunaan media benda konkret terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi sifat-sifat bangun ruang balok dan kubus kelas IV SD Negeri 060938 Kwala Bekala kec. Medan johor.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Outcomes of Learning, Concrete Media, Mathematics
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IProf. Erna Frida, M.Si-NIP. 196401231991022001
Pembimbing IIDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pd-NIP. 196602101992031001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 11 Feb 2020 07:42
Last Modified: 18 Mar 2021 02:58
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/267

Actions (login required)

View Item View Item