PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN 060930 MEDAN JOHOR T.P 2023/2024

SIMBOLON, SRI REZEKI ASINA, 2005030296 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN 060930 MEDAN JOHOR T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
Cover-.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAKK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (145kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (131kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (188kB)
[img] Text
BAB III,IV,V METOPEL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (654kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (65kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini terdiri dari (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan model kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPA materi Perubahan Wujud Benda di kelas III SD Negeri 060930 Medan Johor T.P 2023/2024.; (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa tanpa menggunakan model kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPA materi Perubahan Wujud Benda di kelas III SD Negeri 060930 Medan Johor T.P 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 060930 Medan Johor, dengan sampel yang berjumlah 44 orang siswa Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Metode eksperimen adalah metode penelitian yang digunakan untuk mencari perlakuan tertentu. Jenis eksperimen yang digunakan di dalam penelitian ini ialah Quasy Eksperimen. Teknik pengumpulan Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar siswa adalah tes tertulis yang berbentuk essai dengan 4 butir soal. Teknik analisis yang digunakan adalah berupa tes hasil belajar yang digunakan setelah penelitian dilakukan selama proses pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi yang disiapkan untuk mengumpulkan data. Hasil nilai rata-rata Post Test kelas III B- sebagai kelas eksperimen adalah 86 dan nilai rata-rata kelas III-A adalah 71 sebagai kelas kontrol. Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis menggunakan rumus Uji Kesamaan dua rata-rata sehingga hasil data Post Test untuk kelas yang diajarkan menggunakan Model PembelajaranKooperatif Tipe Jigsaw dan kelas yang diajarkan menggunakan metodePembelajaran Konvensional yaitu diperoleh thitung = 180,50 > ttabel = 1,682878 maka dapat disimpulkan H_Oditolak atau H_aditerima, maka dapat dinyatakan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar IPA materi Perubahan Wujud Benda kelas III SD N 060930 Medan Johor T.P 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jigsaw Type Cooperative Model, Learning Outcomes, Science
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRita Herlina Br PA, S.Pd.,M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0129078503
Pembimbing IIKrista Surbakti, S.Pd., M.Sidosen@gmail.comNIDN. 0110078402
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SRI REZEK ASINA SIMBOLON
Date Deposited: 27 May 2024 07:58
Last Modified: 27 May 2024 07:58
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2670

Actions (login required)

View Item View Item