PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS V SD NEGERI 064023 KEMENGAN TANI T.P 2023/2024

GINTING, AFELITA EKAPINA BR, 2005030179 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS V SD NEGERI 064023 KEMENGAN TANI T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
Sampul.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (178kB)
[img] Text
abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (171kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (155kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (189kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (421kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (154kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan (1); untuk mengetahui hasil belajar siswa yang yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together terhadap belajar siswa pada mata Pelajaran IPAS di kelas V SD Negeri 064023 Kemenangan Tani T.P 2023/2024 (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa yang tidak menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together terhadap belajar siswa pada mata Pelajaran IPAS di kelas V SD Negeri 064023 Kemenangan Tani T.P 2023/2024 (3); untuk mengetahui pengaruh yang signifikan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together terhadap belajar siswa pada mata Pelajaran IPAS di kelas V SD Negeri 064023 Kemenangan Tani T.P 2023/2024. Masalah yang dialami di sekolah tersebut yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi Indonesia Kaya Raya. Sampel siswa kelas V sebanyak 2 kelas berjumlah 29 orang kelas eksperimen dan 27 orang kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan instrumen penelitian adalah tes pilihan berganda sebanyak 10 soal. Berdasarkan hasil perhitungan rata rata tes akhir siswa diperoleh 77,93 di kelas eksperimen dan rata-rata pada kelas kontrol 70. Tabel frekuensi nilai tes akhir pada kelas eksperimen dan kontrol di distribusikan dalam tabel frekuensi absolute dan frekuensi relatif kemudian digambarkan ke dalam bentuk histogram untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran Numbered Head Togerher (NHT) di kelas eksperimen dan Konvensional kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji t dimana diperoleh t_{hitung}\ ˃\ t_{tabel} 2,263 ˃ 0,127 dengan taraf signifikan 0,05 yang menyatakan terima Ha dan tolak Ho maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Numbered Head Togerher (NHT) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPAS di kelas IV SD Negeri 064023 Kemenangan Tani Tahun Pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Model Numbered Head Togerher (NHT), IPAS
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IJUNIKO ESRA TARIGAN, S.Pd., M.Pdjuniko.tarigan@gmail.comNIDN. 0110068902
Pembimbing IIRITA HERLINA BR PA, S.Pd., M.Pdrperanginangin@gmail.comNIDN. 0129078503
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: AFELITA EKAPINA BR GINTING
Date Deposited: 27 May 2024 07:39
Last Modified: 27 May 2024 07:39
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2683

Actions (login required)

View Item View Item