PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBANTUAN WORLDWALL PADA MATERI BUMI DAN PERISTIWA ALAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 060934 MEDAN

SIANTURI, ricky irfandi, 2005030097 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBANTUAN WORLDWALL PADA MATERI BUMI DAN PERISTIWA ALAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 060934 MEDAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER (4).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (475kB)
[img] Text
ABSTRAK (4).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (20kB)
[img] Text
BAB I (3).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (144kB)
[img] Text
BAB II (2).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (716kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (6).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (144kB)
[img] Text
LAMPIRAN (8).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Game Based Learning berbantuan Wordwall pada materi bumi dan peristiwa alam terhadap hasil belajar siswa kelas V. Games based learning ini merupakan salah satu metode pembelajaran berbasis permainan yang menggunakan game sebagai alat untuk mengajarkan materi. Sementara Wordwall adalah sebuah situs web yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran seperti kuis, mencocokkan gambar, anagram, penyusunan kata acak, pencarian kata, mengkelompokkan kata atau kalimat, dll. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari kelas eksperimen sebanyak 22 siswa, dan kelas kontrol sebanyak 25 siswa. Instrument dalam penelitian ini adalah tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata siswa kelas eksperimen 78,41 lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol 66,20. Adapun hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji T terdapat hasil Thitung = 5,005 > dari Ttabel = 1,679. Sehingga dapat disimpulkan terima H1 atau ada pengaruh model pembelajaran game-based-learning berbantuan worldwall pada materi bumi dan peristiwa alam terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 060934 Medan.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Game Based Learning, Wordwall, Learning Outcomes
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 550 Earth Sciences
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Dedi Holden Simbolon, S.Si.,M.Pddediholdensimbolon@gmail.comNIDN. 103118701
Pembimbing IIIr. Immanuel Panusunan Tua Panggabean, ST.,MTimmanuel.panusunan@universitasquality.ac.idNIDN. 0130117404
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: RICKY IRFANDI SIANTURI
Date Deposited: 07 Jun 2024 08:01
Last Modified: 07 Jun 2024 08:01
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2684

Actions (login required)

View Item View Item