PENGARUH VARIASI MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 105401 NAMO LINTING TAHUN AJARAN 2018/2019

BARUS, ENINTA BR, 1505030213 (2019) PENGARUH VARIASI MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 105401 NAMO LINTING TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (322kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (332kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (326kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (517kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (194kB)
[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan variasi mengajar guru dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 105401 Namo Linting Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian korelasional dengan metode deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 105401 Namo Linting yang berjumlah 24 orang. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan angket variasi mengajar guru (X) dan menggunakan hasil ujian tengah semester untuk mengetahui hasil belajar siswa (Y). teknik analisis data menggunakan statistik korelasi product moment dan uji-t. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa variasi mengajar guru tergolong baik dengan skor rata-rata 77,38 dengan standar deviasi sebesar 9,01. Namun, ada juga variasi mengajar guru yang skornya di bawah rata-rata. Hasil belajar IPA siswa tergolong baik dengan nilai terendah adalah 60, sedangkan nilai tertinggi adalah 90, dengan rata-rata 77,42 dan Standar Deviasi 10,53. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai yaitu rhitung > rtabel atau 0,8638 > 0329, dan thitung > ttabel atau 8,04 > 2,0739, adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara variasi mengajar guru dan hasil belajar siswa kelas V SDN 105401 Namo Linting Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teacher Teaching Variation, Learning Outcomes, Science
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Srie Faizah Lisnasari, M.Si-NIP. 196792251998012001
Pembimbing IITina Sheba Cornelia, M.Pd-NIDN. 0120058705
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 11 Feb 2020 08:26
Last Modified: 21 Nov 2020 03:55
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/269

Actions (login required)

View Item View Item