PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA MATERI MENULIS CERITA PENGALAMAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI 060922 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024

NAINGGOLAN, RONAULI, 2005030140 (2024) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA MATERI MENULIS CERITA PENGALAMAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI 060922 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (718kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (248kB)
[img] Text
BAB I (2).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (473kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (578kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (597kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (361kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh yang signifikan Metode Mind Mapping Terhadap Peningkatan Keterampilan Berbicara Pada Materi Menulis Cerita Pengalaman Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri 060922 Medan sebelum dan sesudah menggunakan Metode Mind Mapping. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Exsperimen. Instrumen penelitian ini menggunakan Rubrik Penilaian Keterampilan Berbicara siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 060922 Medan yang berjumlah 20 orang. Berdasarkan hasil Rubrik Penilaian sebelum diberi perlakuan diperoleh nilai rata-rata kelas IV 49,5 maka dapat disimpulkan keterampilan berbicara siswa masih rendah. Selanjutnya dilakukan pembelajaran dengan menggunakan Metode Mind Mapping pada kelas IV. Untuk hasil Rubrik Penilaian setelah diberi perlakuan yaitu denggan menggunakan Metode Mind Mapping diperoleh rata-rata 81 ditandai dengan adanya siswa yang aktif selama proses pembelajaran, siswa mampu berbicara lancar sesuai dengan tema dari awal hingga akhir presentasi, berani berbicara didepan teman-teman, Simpulan penelitian ini adalah Metode Mind Mapping memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Peningkatan Keterampilan Berbicara Pada Materi Menulis Cerita Pengalaman Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Speaking Skills, Writing Exprience Stories, Mind Mapping Method
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 411 Writing Systems
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
400 Language > 490 Another Language
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing ISITI RAKIYAH, S.Pd., M.Humsitirakiyah09@gmail.comNIDN.0110058507
Pembimbing IIR.L.. HOLMES PARHUSIP, S.Pd., M.Pdholmesphsp720@gmail.comNIDN.0128098002
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: RONAULI NAINGGOLAN
Date Deposited: 27 May 2024 08:52
Last Modified: 27 May 2024 08:52
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2694

Actions (login required)

View Item View Item