PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V UPT SD NEGERI 064025 TANJUNG SELAMAT KECAMATAN MEDAN TUNTUNGAN

PURBA, HAMZAH, 2005030069 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V UPT SD NEGERI 064025 TANJUNG SELAMAT KECAMATAN MEDAN TUNTUNGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QULITY.

[img] Text
cover hamza.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (998kB)
[img] Text
abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (246kB)
[img] Text
bab 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (372kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (894kB)
[img] Text
bab 3-5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (658kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (244kB)
[img] Text
lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media audiovisual pada mata pelajaran IPA materi ciri-ciri makhluk hidup UPT SD Negeri 064025 Kec. Medan Tuntungan dan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan tidak menggunakan media audiovisual pada mata pelajaran IPA materi ciri-ciri makhluk hidup dikelas V UPT SD Negeri 064025 Tanjung Selamat Kec. Medan Tuntungan serta untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi ciri-ciri makhluk hidup pada kelas V UPT SD Negeri 064025 Tanjung Selamat Kec. Medan Tuntungan. Lokasi dan pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan di UPT SD Negeri 064025 Jl. Flamboyan Raya Medan T.A 2023/2024 pada tanggal 22-24Februari 2024 sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa di kelas V- A = 25 orang dan kelas V- B = 24 orang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan instrumen tes essai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sebelum menggunakan media audio visual memperoleh nilai rata-rata 38,8. Setelah menggunakan Media Audio Visual terhadap hasil belajar IPA siswa memperoleh nilai rata-rata 92,66 di kelas V-A UPT SDN 064025 Tahun Pelajaran 2023/2024. Hasil belajar siswa memperoleh nilai rata-rata 41,2 setelah dilakukan pembelajaran tanpa menggunakan Media Audio Visual terhadap hasil belajar IPA siswa memperoleh nilai rata-rata 88,58 di kelas V-B UPT SDN 064025 Medan Tahun Pelajaran 2023/2024. Ada pengaruh yang signifikan penggunaan Media Audio Visual pada mata pelajaran IPA materi Ciri-ciri Makhluk Hidup di kelas V UPT SDN 064025 Medan Tahun Pelajaran 2023/2024

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Audiovisual Media, Learning Outcome,SCIENCE
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs Yason Mendrofa, M.Pdyasonmendrofa@gmail.comNIDN. 0102075901
Pembimbing IIRobert Sinaga, STP., M.Sirobertsinaga89@gmail.comNIDN. 0102088901
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: HAMZAH PURBA
Date Deposited: 27 May 2024 07:24
Last Modified: 27 May 2024 07:24
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2695

Actions (login required)

View Item View Item