TAMBA, STELLA AMANDA BR, 2005030225 (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS V SDS PENUAI TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL-2.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text
ABSTRAK-2.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text
BAB I-1.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text
BAB II-2.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text
BAB III-V-1.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA-2.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text
LAMPIRAN-3.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada pengaruh metode pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan menulis siswa kelas V SDS Penuai tahun pelajaran 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 31 orang siswa yakni seluruh kelas V SDS Penuai tahun pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian quasi eksperimen dengan teknik pemilihan yaitu total sampel di kelas VA sebagai kelas eksperimen dan diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran Discovery Learning. Kelas VB sebagai kelas kontrol yang diajarkan secara metode ceramah. Lokasi dan pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan di SDS Penuai Penuai Jl. Setia Budi No. 379, Tanjung Sari, Kec. Medan Selayang, Kota Medan pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Menulis Deskripsi. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada Kamis, 25 Januari 2024 sampai pada Senin, 29 Januari 2024 di SDS PENUAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis siswa di kelas V-A mendapat nilai rata-rata 64,7333 setelah diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran Discovery Learning, hasil tes akhir rata-rata siswa kelas VA menjadi 75,6 di SDS Penuai T.A 2023/ 2024. Dan kemampuan menulis siswa di kelas V-B mendapat 65,81 setelah diajarkan dengan menggunakan metode ceramah hasil tes akhir rata- rata siswa kelas V-B menjadi 70,5 di SDS Penuai T.A 2023/2024. Serta hasil uji signifikansi menunjukkan ada pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis siswa kelas V dengan menggunakan metode Discovery Learning dari pada menggunakan metode ceramah terhadap kemampuan menulis siswa kelas V di SDS Penuai T.A 2023/2024.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Writing _Ability, Discovery _Learning | ||||||||||||
Subjects: | 400 Language > 410 Linguistics > 411 Writing Systems 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | STELLA AMANDA BR TAMBA | ||||||||||||
Date Deposited: | 27 May 2024 08:01 | ||||||||||||
Last Modified: | 27 May 2024 08:01 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2698 |
Actions (login required)
View Item |