PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI KELAS V SD NEGERI 060934 KWALA BEKALA TAHUN AJARAN 2018/2019

UDINA, ANGGI MAY, 1505030089 (2019) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI KELAS V SD NEGERI 060934 KWALA BEKALA TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (309kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (186kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (209kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (577kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (106kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar di kelas V SD Negeri 060934 Kwala Bekala T.A 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan jenis data kuantitatif. Populasi seluruh siswa kelas V SD Negeri 060934 Kwala Bekala dengan jumlah 46 siswa. Sampel dipilih dengan total sampling sehingga seluruh siswa yang terdapat pada populasi merupakan sampel penelitian (46 siswa). Istrumen penelitian menggunakan angket kemandirian belajar siswa dan data prestasi belajar di peroleh dari dokumen nilai Ujian Tengah Semester genap T.A 2018/2019. Berdasarkan hasil uji coba instrumen kemandirian belajar siswa, dari 30 item pernyataan diperoleh 22 item yang valid dengan tingkat reliabilitas 0,91 (tinggi). Dari data hasil penelitian diperoleh rata-rata skor kemandirian belajar siswa (variabel X) sebesar 80,57 berkategori cukup dan rata-rata prestasi belajar siswa (variabel Y) sebesar 57,93 berkategori sedang. Besar indeks diterminasi antara variabel X terhadap variabel Y sebesar 0,97643 (97.6%) pada tingkat signifikansi α = 0,05. Pengujian hipotesis menggunakan uji independen dua faktor diperoleh x^2 = 19,95 > x^2 _((0,95)(8) )= 15,5 dengan demikian H_0 ditolak dan H_1diterima.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Students Independence Learning, Learning Result
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.8 Students
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Eduard, M.Si-NIP. 196612231992031002
Pembimbing IIJainal B. Togatorop, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0124028702
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 11 Feb 2020 08:33
Last Modified: 18 Mar 2021 03:46
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/270

Actions (login required)

View Item View Item