SIANTURI, WINDAH NIATY, 2005030045 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD SWASTA JHON WESLEY METHODIST SCHOOL TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (376kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (263kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (395kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (692kB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (782kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (326kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah dalam skripsi ini yaitu: 1) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran video animasi dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam khususnya materi sumber daya alam di kelas IV SD Swasta Jhon Wesley Methodist Mardinding Tahun Ajaran 2023/2024. 2) Untuk menguji keefektifan produk media pembelajaran video animasi dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas IV SD Swasta Jhon Wesley Methodist School Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model ADDIE dengan 5 tahapan yaitu: analisis, desain, pengembangan, implemantasi, evaluasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Swasta Jhon Wesley Methodist School Instrument yang digunakan adalah lembar validasi untuk memperoleh data kevalidan yang terdiri dari validator ahli media, validator ahli materi, dan validator dari guru wali kelas. Untuk memperoleh data keefektifan media diperoleh dari hasil tes belajar siswa. Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa: 1) media pembelajaran berbasis video animasi yang dikembangkan disesuaikan dengan analisis kebutuhan, analisis karakter peserta didik, dan analisis media pembelajaran. 2) Media pembelajaran berbasis video animasi telah dinyatakan sangat valid dan layak untuk digunakan dengan perolehan skor rata rata 89% . Dari ahli media 87,50%, 85%% dari ahli materi, dan 95% dari wali kelas. Penilaian uji keefektifan diperoleh nilai rata-rata 81% yang termasuk kategori sangat efektif.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Animated video, Qualification, Effective | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | WINDAH NIATY SIANTURI | ||||||||||||
Date Deposited: | 28 May 2024 07:21 | ||||||||||||
Last Modified: | 28 May 2024 07:21 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2702 |
Actions (login required)
View Item |