PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARA IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DI KELAS IV SDS JOHN WESLEY METHODIST SCHOOL LAU KESUMPAT TAHUN AJARAN 2023/2024

SITUMORANG, JENNI, 2005030268 (2024) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARA IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DI KELAS IV SDS JOHN WESLEY METHODIST SCHOOL LAU KESUMPAT TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
Sampul .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (416kB)
[img] Text
Abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (251kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (372kB)
[img] Text
BAB ( II).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (495kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (812kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (321kB)
[img] Text
lampiran .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar IPA yang diajarkan menggunakan media audio visual dan menggunakan pembelajaran konvensional untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan media audio visual siswa kela IV SDS John Wesley Methodist School Lau Kesumpat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 44 orang yang terbagi dalam 2 kelas dan sekaligus sebagai sampel dalam penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain pre-tes dan post-test. Alat penggumpulan data menggunakan tes yang dimana soal tes akan dibuat dalam bentuk choice 5 butir dengan alternatif 4 jawaban dan soal test bentuk essay test sebanyak 5 soal yang dibatasi ranah kognitif C4 Menganalisi dan C5 Mengevaluasi. Teknik analisi data menggunakan uji t dan uji Chi Square. Hasil analisis data dan pengujian hipotesi diperoleh (1) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang diajarkan menggunakan pembelajaran media audio visual yang diperoleh nilai rata-rata pada post-test 74,54. (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional yang diperoleh nilai rata-rata pada post-test 70,90. (3) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDS John Wesley Methodist School.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Audio Visual Media, Conventional Media, Science Learning Outcomes
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
UNSPECIFIEDJainal Togatorop, S.Pd.,M.Pdjainaltogatorop@gmail.comNIDN. 0124028702
UNSPECIFIEDLasma Melinda Siahaan, SE.,M.Simelinshn@gmail.comNIDN. 0123079101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: JENNI SITUMORANG
Date Deposited: 28 May 2024 07:58
Last Modified: 28 May 2024 07:58
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2710

Actions (login required)

View Item View Item