KARO SEKALI, ENINTA BR, 2005030039 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 101794 PATUMBAK TP. 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER ENINTA WATERMAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (553kB) |
|
Text
ABSTRAK ENINTA WATERMAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (174kB) |
|
Text
BAB I ENINTA WATERMAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (245kB) |
|
Text
BAB II ENINTA WATERMAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (244kB) |
|
Text
BAB III ENINTA WATERMAK.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (617kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA ENINTA WATERMAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (206kB) |
|
Text
LAMPIRAN ENINTA WATERMAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa tanpa menggunakan model problem based learning dalam pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 101794 Patumbak T.P 2023/2024 (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dalam pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 101794 Patumbak T.P 2023/2024 (3) untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara model Problem Based Learning (PBL) dalam pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 101794 Patumbak T.P 2023/2024. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis Quassy Eksperimen. Teknik pengumpulan data berupa test essay yang berisi 5 pertanyaan. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 101794 Patumbak dengan jumlah 44 peserta didik. Sampel penelitian yaitu kelas V-A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model Problem Based Learning, dan kelas V-B sebagai kelas kontrol dengan tanpa menggunakan model Problem Based Learning. Hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning memproleh 80,5, sedangkan yang hanya menggunakan pembelajaran konvensional memproleh nilai 70,13. Dari hasil penelitian diperoleh t_hitung>t_tabel yaitu 2,46 > 2,018. Maka sesuai dengan ketentuan dimana t_hitung>t_tabel artinya ada pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran bahasa indonesia kelas V SD Negeri 101794 Patumbak T.P 2023/2024.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem based learning, learning outcomes, indonesion language | ||||||||||||
Subjects: | 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education 400 Language > 490 Another Language |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | ENINTA BR KARO SEKALI | ||||||||||||
Date Deposited: | 28 May 2024 07:13 | ||||||||||||
Last Modified: | 28 May 2024 07:13 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2712 |
Actions (login required)
View Item |