PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SD NEGERI 101895 TANJUNG MORAWA T.P 2023/2024

TARIGAN, GLORIA BEAUTY GREAT, 2005030058 (2024) PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SD NEGERI 101895 TANJUNG MORAWA T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL 1 GREAT.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (650kB)
[img] Text
SAMPUL 2 GREAT.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (324kB)
[img] Text
SAMPUL 3 GREAT.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (408kB)
[img] Text
SAMPUL 4 GREAT.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (471kB)
[img] Text
SAMPUL 5 GREAT.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (588kB)
[img] Text
SAMPUL 6 GREAT.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (203kB)
[img] Text
SAMPUL 7 GREAT.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1.Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran matematika di kelas III. 2.Untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas III. 3.Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas III SD Negeri 101895 Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 46 orang siswa yakni seluruh siswa kelas III SD Negeri 101895 Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian yang menggunakan pretes dan postes, yaitu total sampel di kelas III-A sebagai kelas eksperimen dan diajarkan dengan menggunakan metode demonstrasi. Kelas III-B sebagai kelas kontrol yang di ajarkan secara konvensional. 10 soal tes yaitu hasil belajar siswa bentuk pilihan ganda. Analisis data menggunakan uji prasyarat (normalitas, homogenitas) dan uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil uji t yang telah dilakukan maka diperoleh T hitung 2,26 dan T tabel 0,127. Maka di peroleh T hitung < T tabel (2,26 <0,127) yang artinya H_0 ditolak H_1 diterima sehingga dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan Metode Demonstrasi terhadap hasil belajar Matematika materi Pengurangan Pecahan di kelas III SD Negeri 101895 Tanjung Morawa Tahun Pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Results, Mathematics, Demonstration Method
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IMuhammad Daliani, S.Pd.,M.Simddaniboys@gmail.comNIDN. 0128088804
Pembimbing IIHasni Suciawati, S.Pd.,M.Pdhasnisuciawati@gmail.comNIDN. 0104048903
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: GREAT BEAUTY GLORIA TARIGAN
Date Deposited: 28 May 2024 08:41
Last Modified: 28 May 2024 08:41
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2714

Actions (login required)

View Item View Item