PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS V SD NEGERI 104219 TANJUNG ANOM TAHUN PELAJARAN 2023/2024

SILABAN, ESTER BR, 2005030219 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS V SD NEGERI 104219 TANJUNG ANOM TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (542kB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (27kB)
[img] Text
BAB I .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (162kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (178kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (424kB)
[img] Text
L A M P I R A N.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (27kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Di Kelas V Sd Negeri 104219 Tanjung Anom Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan maksud untuk melihat pengaruh dari suatu perlakuan terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia dengan menggunakan alat peraga. Adapun Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA Dan VB. Dengan siswa kelas VA berjumlah 24 siswa menjadi kelas Eksperimen dan diberikan perlakuan menggunakan alat peraga. kemudian kelas VB sebanyak 22 siswa menjadi kelas Kontrol, dengan menggunakan model pembelajaran konvesional. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan maka hasil pre test yang di peroleh pada kelas eksperimen 46,25 dan setelah melakukan perlakuan dengan menggunakan alat peraga maka kelas eksperimen diberikan post tes nilai pos tes yang di peroleh kelas eksperimen dengan tara-rata 78,96 maka tinggkat ke tuntasan hasil belajar kelas VA mencapai 54,17% yang tuntas dan yang tidak tuntas sebanyak 45,83%. Sedangkan hasil pre test yang di peroleh pada kelas kontrol yaitu dengan rata-rata 48,40 dan setelah melakukan perlakuan dengan menggunakan model konvesional maka kelas kontrol diberikan soal pos tes, dan nilai pos tes yang di peroleh kelas kontrol dengan rata-rata 73,64 maka tinggkat ke tuntasan hasil belajar kelas VB mencapai 54.54% dan yang tidak tuntas 45,45%. Berdasarkan hasil uji t yang telah di lakukan maka diperoleh L hitung 0.12.45 dan tabel yang diperoleh dari hasil data tabel L yaitu 0.1764.Maka di peroleh L hitung < L tabel ( 0.12.45 < 0.1764) yang artinya H 0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam Penggunaan Alat Peraga Sistem Pernapasan Manusia terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 104219 Tanjung Anom T.A 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Teaching Aids For The Human Respiratory System
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IHasni Suciawati, S.Pd., M.Pdhasnisuciawati@gmail.comNIDN. 0104048903
Pembimbing IIMuhammad Dahliani, S.Pd., M.Simddaniboys@gmail.comNIDN. 0128088804
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ester br silaban
Date Deposited: 30 May 2024 07:17
Last Modified: 30 May 2024 07:17
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2722

Actions (login required)

View Item View Item