PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS VIDEO ANIMASI MATERI CIRI CIRI MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 105403 TIGA JUHAR TAHUN AJARAN 2023/2024

TARIGAN, MARETA TESESIA BR, 2005030204 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS VIDEO ANIMASI MATERI CIRI CIRI MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 105403 TIGA JUHAR TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL-3.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK-3.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB I-2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB II-3.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB III-V-2.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-3.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN-4.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan pengembangan media pembelajaran Video Animasi mata pelajaran IPA materi ciri-ciri mahluk hidup kelas III SD Negeri 105403 Tiga Juhar. Jenis penelitianini adalah pengembangan atau Research and Development dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian telah dilaksanakan di SD Negeri 105403 Tiga Juhar. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 31 januari 2024 selama 1 hari Tahun Ajaran 2023/2024. Subjek penelitian ini adalah sekolah SD Negeri 105403 Tiga Juhar kelas III yang berjumlah 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan kevalidan dilihat dari keseluruhan validator berupa lembar validasi dengan nilai rata-rata 90% dan termasuk kategori “sangat valid”serta kepraktisan dapat dilihat dari angket respon guru terhadap media pembelajaran Video Animasi menunjukkan hasil validasi yaitu 97% dan dinyatakan“sangat praktis”. Simpulan penelitian ini adalah media pemebelajaran Video Animasi yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis dalam penggunaanya dalam proses pembelajaran. Untuk itu disarankan bagi guru yang menggunakan media Video Animasi yang dikembangkan peneliti dapat digunakan sebagai refrensi dalam proses pembelajaran IPA khususnya materi Ciri-ciri mahluk hidup.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Development, Media Video Animasi, Material Characteristics Of Living Things
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Dedi Holden Simbolon, S. Si., M. Pddediholdensimbolon@gmail.comNIDN. 0103118701
Pembimbing IIJainal Togatorop, S. Pd., M. Pdjainaltogatorop@gmail.comNIDN. 0124028702
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: MARETA TESESIA BR TARIGAN
Date Deposited: 10 Jun 2024 03:43
Last Modified: 10 Jun 2024 03:43
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2723

Actions (login required)

View Item View Item