GINTING, LAURA CLARA HERENA BR, 1505030117 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW KELAS V SD NEGERI PERCONTOHAN KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (890kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (229kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (336kB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (809kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (230kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan untuk mengetahui hasil belajar menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw lebih baik daripada menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Percontohan Kabanjahe, subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD yang berjumlah 76 orang yang terbagi atas dua kelas Va dan Vb. Objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pokok bahasan Perpindahan Kalor. Tes yang digunakan adalah essay dan lembar observasi guru dan siswa. Berdasarkan data hasil pelaksanaan pembelajaran pada lembar observasi aktivitas guru siklus I adalah 60% berkategori cukup, pada siklus II hasil observasi guru meningkat menjadi 80,2% berkategori baik. Pada lembar observasi aktivitas siswa siklus I diperoleh hasil 68,88 berkategori cukup, pada siklus II hasil observasi aktivitas siswa meningkat menjadi 88,88 berkategori baik. Ketuntasan hasil belajar siswa secara individual siklus I adalah 22 orang siswa, pada siklus II hasil belajar meningkat menjadi 35 orang siswa dengan ketuntasan hasil belajar secara klasikal meningkat siklus I 57,89 meningkat menjadi 92,1% dengan nilai siklus I adalah 71,55, pada siklus II meningkat menjadi 82,45. Pada pembelajaran Konvensional ketuntasan hasil belajar secara individual adalah 23 orang siswa, pada ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal 60,52% dengan nilai rata-rata 67,26.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Science Learning Outcomes, Type Jigsaw Cooperative Learning Model | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research 300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 14 Feb 2020 02:28 | ||||||||||||
Last Modified: | 10 Dec 2020 08:21 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/273 |
Actions (login required)
View Item |