MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW KELAS V SD NEGERI PERCONTOHAN KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2018/2019

GINTING, LAURA CLARA HERENA BR, 1505030117 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW KELAS V SD NEGERI PERCONTOHAN KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (890kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (229kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (336kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (809kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (230kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan untuk mengetahui hasil belajar menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw lebih baik daripada menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Percontohan Kabanjahe, subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD yang berjumlah 76 orang yang terbagi atas dua kelas Va dan Vb. Objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pokok bahasan Perpindahan Kalor. Tes yang digunakan adalah essay dan lembar observasi guru dan siswa. Berdasarkan data hasil pelaksanaan pembelajaran pada lembar observasi aktivitas guru siklus I adalah 60% berkategori cukup, pada siklus II hasil observasi guru meningkat menjadi 80,2% berkategori baik. Pada lembar observasi aktivitas siswa siklus I diperoleh hasil 68,88 berkategori cukup, pada siklus II hasil observasi aktivitas siswa meningkat menjadi 88,88 berkategori baik. Ketuntasan hasil belajar siswa secara individual siklus I adalah 22 orang siswa, pada siklus II hasil belajar meningkat menjadi 35 orang siswa dengan ketuntasan hasil belajar secara klasikal meningkat siklus I 57,89 meningkat menjadi 92,1% dengan nilai siklus I adalah 71,55, pada siklus II meningkat menjadi 82,45. Pada pembelajaran Konvensional ketuntasan hasil belajar secara individual adalah 23 orang siswa, pada ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal 60,52% dengan nilai rata-rata 67,26.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Science Learning Outcomes, Type Jigsaw Cooperative Learning Model
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Heryanto, M.Pd-NIP. 196412101992031002
Pembimbing IIDra. Elisa, M.Pd-NIP. 196106011988012001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 14 Feb 2020 02:28
Last Modified: 10 Dec 2020 08:21
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/273

Actions (login required)

View Item View Item