PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV UPT SD NEGERI 067246 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024

GINTING, DEVIANAN BR, 2005030029 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV UPT SD NEGERI 067246 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
cover 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (694kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (188kB)
[img] Text
BAB I 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (316kB)
[img] Text
BAB II 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (353kB)
[img] Text
BAB III 4 5 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (597kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (290kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran hasil belajar IPAS siswa yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif tipe jigsaw menggunakan media puzzle pada materi tumbuhan sumber kehidupan di bumi, gambaran hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw tanpa menggunakan media puzzle pada materi tumbuhan sumber kehidupan di bumi dan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw menggunakan media puzzle terhadap hasil belajar siswa materi tumbuhan sumber kehidupan di bumi siswa kelas IV UPT SD Negeri 067246 Medan Tahun Ajaran 2023/2024. Populasi dalam sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 41 orang yang terbagi dalam dua kelas dan sekaligus sebagai sampel penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain Pretest Posttest Nonequivalent Control Group Desgin. Alat pengumpulan data menggunakan tes essay berjumlah 5 soal. Teknik analisis data menggunakan uni t dan uji chi square. Hasil analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh (1) hasil belajar siswa yang di ajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw menggunakan media puzzle pada materi tumbuhan sumber kehidupan di bumi diperoleh rata-rata 84,28 setelah dilakukan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw tanpa menggunakan media puzzle pada materi tumbuhan sumber kehidupan di bumi di peroleh rata-rata 80,45. Hasil belajar yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw tanpa menggunakan media puzzle pada materi tumbuhan sumber kehidupan di bumi 61,20. setelah dilakukan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw tanpa menggunakan media puzzle 63,76 pada sisw kelas IV UPT SD Negeri 067246 Medan Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Instructional media, puzzle media,JIGSAW type cooperative
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Heryanto, M.Pdazisheryanto64@gmail.comNIDN. 0010126402
Pembimbing IIDr. Gemala Widiyarti, S.Sos.I.,M.Pd.widiyartigemala@gmail.comNIDN. 0123098602
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: DEVIANA BR GINTING
Date Deposited: 28 May 2024 04:53
Last Modified: 28 May 2024 04:53
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2732

Actions (login required)

View Item View Item