BANGUN, NELLY WILDA, 2005030095 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUKAN LKPD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DI KELAS IV SD NEGERI 060930 MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
cover NELLI (1).pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (673kB) |
|
Text
ABSTRAK NELLI (1).pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (166kB) |
|
Text
BAB I pendahuluan (1).pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (198kB) |
|
Text
BAB II tinjauan pustakaa (1).pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (434kB) |
|
Text
BAB III-V NELLI (1).pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (783kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA NELLI (2).pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (90kB) |
|
Text
LAMPIRAN NELLI (1).pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan menggunakan Model Problem Based Learning Berbantukan LKPD dan Model Problem Based Learning tanpa Berbantukan LKPD pada materi Sifat-Sifat Cahaya di Sekitarnya di kelas IV SD Medan Johor. Adapun masalah dari sekolah tersebut adalah kurangnya minat belajar siswa dalam belajar. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan instrument penelitian ini adalah tes. Hasil nilai rata-rata tes akhir yang diperoleh kelas IV A 78 yakni kels eksperimen dengan menggunakan Model Problem Based Learning Berbantukan LKPD dan kelas IVB 62 yakni kelas kontrol. Tabel frekuensi nilai test akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat di distribusikan dalam tabel frekuensi absolute dan frekuensi relatif kemudian digambarkan kedalam bentuk histogram untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan Model Problem Based Learning Berbantukan LKPD dikelas eksperimen dan Problem Based Learning tanpa Berbantukan LKPD kelas kontrol.Pengujian hipotesis menggunakan uji independen antara dua faktor dengan taraf signifikan a = 0,05.Dari hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan Model Problem Based Learning Berbantukan LKPD terhadap hasil belajar IPA siswa materi Sifat-sifat Cahaya Tahun Pelajaran 2023/2024
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Outcomes, LKPD, Problem Based Learning | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 550 Earth Sciences 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | NELLY WILDA BANGUN | ||||||||||||
Date Deposited: | 28 May 2024 08:28 | ||||||||||||
Last Modified: | 28 May 2024 08:28 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2748 |
Actions (login required)
View Item |