MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM SOLVING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 043936 MEREK SITUNGGALING TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SEMBIRING, IKE ENJELITA BR, 1505030195 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM SOLVING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 043936 MEREK SITUNGGALING TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (859kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (925kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (211kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (298kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (574kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (199kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memenuhi pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Solving dan meningkat hasil belajar siswa secara individu, klasikal, serta nilai rata-rata siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 043936 Merek Situnggaling yang jumlah siswa 30 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model Problem Solving untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada matapelajaran Matematika Materi perkalian dan pembagian pecahan di kelas V SD Negeri 043936 Merek Situnggaling Tahun Pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Dari hasil penelitian siklus I diperoleh pelaksanaan pembelajaran dari observasi aktivitas guru adalah 60% dan observasi aktivitas siswa 68% sehingga pelaksanaan pembelajaran berkategori cukup, ketuntasan hasil belajar siswa belum tercapai secara klasikal dengan persentasi 67% dan rata-rata nilai siswa adalah 64,3. Sedangkan hasil siklus II diperoleh pelaksanaan pembelajaran dari observasi aktivitas guru adalah 76% dan observasi aktivitas siswa 82% sehingga pelaksanaan pembelajaran sudah berkategori baik, ketuntasan hasil belajar siswa sudah tercapai secara klasikal dengan persentasi 87% dan rata-rata 72,5.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Classroom Action Research, Learning Outcomes, Learning Models Problem Solving
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 14 Feb 2020 02:38
Last Modified: 14 Feb 2020 02:38
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/275

Actions (login required)

View Item View Item