PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POSTER DIGITAL MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARAN PADA MATERI MAKHLUK HIDUP DI KELAS IV SDN 105403 TIGA JUHAR T.A 2023/2024

PURBA, JEREMIA, 2005030262 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POSTER DIGITAL MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARAN PADA MATERI MAKHLUK HIDUP DI KELAS IV SDN 105403 TIGA JUHAR T.A 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COPER SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (626kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (610kB)
[img] Text
Bab II skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (909kB)
[img] Text
BAB III-V SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (420kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan pengembangan media pembelajaran poster digital menggunakan aplikasi canva materi makhluk hidup kelas IV SD Negeri 105403 Tiga Juhar. Jenis penelitian ini adalah pengembangan atau Research and Development dengan model PPE (Plaining, Production dan Evaluatian). Penelitian telah dilaksanakan di SD Negeri 105403 Tiga Juhar. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 12 Februari 2024 selama 1 hari Tahun Ajaran 2023/2024. Subjek penelitian ini adalah sekolah SD Negeri 105403 Tiga Juhar kelas IV yang berjumlah 24 orang. Hasil penelitian menunjukkan kevalidan dilihat dari keseluruhan validator berupa lembar validasi dengan nilai rata-rata 91% dan termasuk kategori “sangat valid” serta kepraktisan dapat dilihat dari angket respon guru terhadap media pembelajaran poster digital menunjukkan hasil validasi yaitu 90% dan dinyatakan“sangat praktis”. Simpulan penelitian ini adalah media pemebelajaran poster digital yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis dalam penggunaanya dalam proses pembelajaran. Untuk itu disarankan bagi guru yang menggunakan media poster digital menggunakan aplikasi canva yang dikembangkan peneliti dapat digunakan sebagai refrensi dalam proses pembelajaran IPA khususnya materi makhluk hidup.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Living Creatures, Digital Poster Media, Research and Development
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr Eka Kartika Silalahi, S.Si., M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0115098901
Pembimbing IIMuhammad Daliani, S.Pd., M.Pdmddaniboys@gmail.comNIDN. 0128088804
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: JEREMIA PURBA
Date Deposited: 28 May 2024 09:36
Last Modified: 28 May 2024 09:36
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2750

Actions (login required)

View Item View Item