PURBA, JEREMIA, 2005030262 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POSTER DIGITAL MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARAN PADA MATERI MAKHLUK HIDUP DI KELAS IV SDN 105403 TIGA JUHAR T.A 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COPER SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (626kB) |
|
Text
BAB I SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (610kB) |
|
Text
Bab II skripsi.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (909kB) |
|
Text
BAB III-V SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (420kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan pengembangan media pembelajaran poster digital menggunakan aplikasi canva materi makhluk hidup kelas IV SD Negeri 105403 Tiga Juhar. Jenis penelitian ini adalah pengembangan atau Research and Development dengan model PPE (Plaining, Production dan Evaluatian). Penelitian telah dilaksanakan di SD Negeri 105403 Tiga Juhar. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 12 Februari 2024 selama 1 hari Tahun Ajaran 2023/2024. Subjek penelitian ini adalah sekolah SD Negeri 105403 Tiga Juhar kelas IV yang berjumlah 24 orang. Hasil penelitian menunjukkan kevalidan dilihat dari keseluruhan validator berupa lembar validasi dengan nilai rata-rata 91% dan termasuk kategori “sangat valid” serta kepraktisan dapat dilihat dari angket respon guru terhadap media pembelajaran poster digital menunjukkan hasil validasi yaitu 90% dan dinyatakan“sangat praktis”. Simpulan penelitian ini adalah media pemebelajaran poster digital yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis dalam penggunaanya dalam proses pembelajaran. Untuk itu disarankan bagi guru yang menggunakan media poster digital menggunakan aplikasi canva yang dikembangkan peneliti dapat digunakan sebagai refrensi dalam proses pembelajaran IPA khususnya materi makhluk hidup.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Living Creatures, Digital Poster Media, Research and Development | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | JEREMIA PURBA | ||||||||||||
Date Deposited: | 28 May 2024 09:36 | ||||||||||||
Last Modified: | 28 May 2024 09:36 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2750 |
Actions (login required)
View Item |