PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE(TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SIKLUS AIR SISWA KELAS V SDN 101864 GUNUNG RINTIH T,P.20023/2024

SITEPU, RENATA SITEPU, 2005030041 (2024) PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE(TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SIKLUS AIR SISWA KELAS V SDN 101864 GUNUNG RINTIH T,P.20023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
sampul (2).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (823kB)
[img] Text
ABSTRAK (2).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (111kB)
[img] Text
BAB 1 (2).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (436kB)
[img] Text
BAB 2 (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (536kB)
[img] Text
BAB 3_5 (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (818kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh hasil belajarar menggunakan model pembelajaran think phink share di kelas V SDN 101864 Gunung Rintih tahun pembelajaran 2023/2024.sampel siswa kelas V sebanyak 2 kelas berjumlah 24 orang kelas eksperimen dan 24 orang kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran think pair share yaitu berpikir secara mandiri terlebih dahulu setelah itu berdiskusi dengan teman dan dapat memotifasi siswa untuk selalu mempersiapkan diri Bersama dengan kelompok dalam memahami setiap materi pembelajaran di kelas dan juga dapat membangkitkan interaksi siswa dengan penalaran dalam berpikir serta berdiskusi Bersama kelas eksperimen akan dibagi menjadi 3 kelompok, Dimana mereka mengamati video yang di tayangkan dan menganalisis video tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan instrumen penelitian adalah tes essay sebanayak 5 soal.berdasarkan hasil perhitungan rata-rata akhir siswa diperileh 75,20 di kelas eksperimen dan rata-rata 68,18 di kelas kontrol.tabel frekuensi nilai tes akhir pada kelas eksperimen dan kontrol di distribusikan dalam tabel frekuensi absolut dan frekuensi relatif.berdasarkan uji t maka diperoleh Thitung>Ttabel yaitu 2,08 >1,68 dengan taraf signifikan 0,05 yang menyatakan terima Ha dan tolak Ho maka dapat disimpulkan bahwa penggunan model pembelajaran think pair share berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPAS kelas V101864 Gunung Rintih tahun pembelajaran 2023/2024

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: think pair share sciencr lerning results
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 550 Earth Sciences
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IFrikson jony purba, S.Pd.,M.Pdpurbafrikson@gmail.comNIDN. 0104048701
Pembimbing IIDrs.Sejahtera, M.Pdsejahtera .212@gmailNIDN. 17096602
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: RENATA BR SITEPU
Date Deposited: 29 May 2024 02:38
Last Modified: 29 May 2024 02:38
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2752

Actions (login required)

View Item View Item