SITEPU, ELISA FEBRIA BR, 2005030138 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)BERBNATUAN MEDIA ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA KELAS IV SDN 101864 GUNUNG RINTIH T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
2_ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
3_BAB 1.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
4_BAB 2.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
5_BAB 3_5.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
6_DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
7_LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini terdiri dari (1) Untuk mengatahui keterampilan berbicara siswa tanpa menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media animasi pada materi cerita dogeng mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 101864 Gunung Rintih T.P 2023/2024, (2) Untuk mengetahui keterampilan berbicara dengan menggunakan model Problem Based Learning(PBL) berbantuan media animasi pada materi cerita dogeng mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 101864 Gunung Rintih T.P 2023/2024. (3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model Problrm Based Learning (PBL) berbantuan media animasi mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 101864 Gunung Rintih T.P 2023/2024. Ada pun masalah yang dialami sekolah tersebut adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indoneisa dalam keterampilan berbicara. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan rubrik penilaian. Dimana rubrik bertujuan menilai siswa dalam berbicara referensi terkait kebutuhan analisis dan pertimbangan dalam melihat pengaruh media yang dibuat. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 46 siswa. sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IV A sebanyak 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebanyak 22 siswa sebagai kelas kontrol. Jenis peneltian ini adalah Penelitian Quasi Eksperimen dengan instrumen penelitian adalah observasi. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata tes akhir siswa diperoleh 82,5 di kelas ekprimen dan rata-rata 58,6 di kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikan α = 0,05 sehingga diperoleh data kelas kontrol dan kelas eksperimen = 11,81> = 1,680. Karena > maka dapat disimpulkan bahwa terdapat penggunaan Model Pembelajaran problem based learning berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berbicara kelas IV SDN 101864 Gunung Rintih Tahun Pelajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem based learning, animated videos, speaking skills | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 590 Animals, Zoology, Wildlifes 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | ELISA FEBRIA BR SITEPU | ||||||||||||
Date Deposited: | 29 May 2024 03:24 | ||||||||||||
Last Modified: | 29 May 2024 03:24 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2753 |
Actions (login required)
View Item |