PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)BERBNATUAN MEDIA ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA KELAS IV SDN 101864 GUNUNG RINTIH T.P 2023/2024

SITEPU, ELISA FEBRIA BR, 2005030138 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)BERBNATUAN MEDIA ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA KELAS IV SDN 101864 GUNUNG RINTIH T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
2_ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
3_BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
4_BAB 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
5_BAB 3_5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
6_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
7_LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini terdiri dari (1) Untuk mengatahui keterampilan berbicara siswa tanpa menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media animasi pada materi cerita dogeng mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 101864 Gunung Rintih T.P 2023/2024, (2) Untuk mengetahui keterampilan berbicara dengan menggunakan model Problem Based Learning(PBL) berbantuan media animasi pada materi cerita dogeng mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 101864 Gunung Rintih T.P 2023/2024. (3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model Problrm Based Learning (PBL) berbantuan media animasi mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 101864 Gunung Rintih T.P 2023/2024. Ada pun masalah yang dialami sekolah tersebut adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indoneisa dalam keterampilan berbicara. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan rubrik penilaian. Dimana rubrik bertujuan menilai siswa dalam berbicara referensi terkait kebutuhan analisis dan pertimbangan dalam melihat pengaruh media yang dibuat. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 46 siswa. sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IV A sebanyak 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebanyak 22 siswa sebagai kelas kontrol. Jenis peneltian ini adalah Penelitian Quasi Eksperimen dengan instrumen penelitian adalah observasi. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata tes akhir siswa diperoleh 82,5 di kelas ekprimen dan rata-rata 58,6 di kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikan α = 0,05 sehingga diperoleh data kelas kontrol dan kelas eksperimen = 11,81> = 1,680. Karena > maka dapat disimpulkan bahwa terdapat penggunaan Model Pembelajaran problem based learning berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berbicara kelas IV SDN 101864 Gunung Rintih Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem based learning, animated videos, speaking skills
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 590 Animals, Zoology, Wildlifes
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRestio sidebang, S.Pd, M.Pdrestiosidebang@gmail.comNIDN. 0129038101
Pembimbing IISejahtera, M.Pdsejahtra.212@gmail.comNIDN. 17096602
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ELISA FEBRIA BR SITEPU
Date Deposited: 29 May 2024 03:24
Last Modified: 29 May 2024 03:24
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2753

Actions (login required)

View Item View Item