PENGEMBANGAN MEDIA TAMAN SATWA 3D MATA PELAJARAN IPA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA KELAS V SD SWASTA MASEHI BERASTAGI KABUPATEN KARO T.P 2023/2024

WINA, YISKA, 2005030174 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA TAMAN SATWA 3D MATA PELAJARAN IPA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA KELAS V SD SWASTA MASEHI BERASTAGI KABUPATEN KARO T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
2_ABSTRAK-3.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
bab 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (275kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (592kB)
[img] Text
bab 3-5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (763kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (157kB)
[img] Text
7_LAMPIRAN-2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini terdiri dari (1) untuk mengetahui kevalidan produk dalam Pengembangan Media Taman Satwa 3D Mata Pelajaran IPA Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Kelas V SD Swasta Masehi Berastagi Kabupaten Karo T.P 2023/2024; (2) Untuk mengetahui keefektifan pengembangan media taman satwa 3D mata pelajaran IPA materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya kelas V SD Swasta Masehi Berastagi T.P2023/2024. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V-A SD Swasta Masehi Berastagi berjumlah 40 Siswa, dengan sampel skala kecil 6 Siswa. Jenis penelitian ini adalah dengan Research and Development (R&D) model ADDIE. Teknik pengumpulan data digunakan dengan angket, wawancara, dan dokumentasi. Setelah melakukan analisis data terhadap hasil penelitian maka diperoleh hasil validasi oleh dosen validator tentang pengembangan media taman satwa 3D materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya diperoleh nilai validasi dari dosen desain yaitu, 95,45 %, dengan kategori sangat valid, dari validasi dosen materi yaitu, 92,5 %, jika ditotalkan maka presentasinya adalah 94,04% dengan kategori sangat valid. Sedangkan analisis data terhadap keefektifan oleh siswa kelas V-A yaitu 94 % yang dengan kategori sangat efektif.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: 3D Animal Park Media, Development, Classification of animals based on type of food
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 590 Animals, Zoology, Wildlifes
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRita Herlina BR PA, S.Pd., M,Pdrperanginangin@gmail.comNIDN. 0129078503
Pembimbing IIJuniko Esra Tarigan, S.Pd., M.Pdjuniko.tarigan@gmail.comNIDN. 0110068902
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Yiska wina
Date Deposited: 29 May 2024 02:49
Last Modified: 29 May 2024 02:49
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2754

Actions (login required)

View Item View Item