MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN METODE DISKUSI PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN POKOK BAHASAN PERISTIWA ALAM BESERTA DAMPAKNYA DI KELAS V SD NEGERI 040474 TIGA SERANGKAI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SILITONGA, BETTY MARIA SYAHPUTRI, 1505030079 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN METODE DISKUSI PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN POKOK BAHASAN PERISTIWA ALAM BESERTA DAMPAKNYA DI KELAS V SD NEGERI 040474 TIGA SERANGKAI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (615kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (356kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (443kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (826kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (336kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan Menggunakan Metode Diskusi di Kelas IV SD Negeri 040474 Tiga Serangkai 2018/2019. Lokasi penelitian ini adalah di Kelas IV SD Negeri 040474 Tiga Serangkai yang berjumlah 25 orang siswa dan sebagai objek penelitian ini adalah penggunaan Metode Diskusi pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Peristiwa Alam Beserta dampaknya. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrument yang digunakan berupa tes tertulis yang berbentuk pilihan berganda dan lembar observasi. Dari hasil penelitian siklus I diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru dengan persentase 60% dan pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa mendapat skor 68, sedangkan dari ketuntasan individu siswa yang tuntas belajarnya yaitu 8 siswa dari 25 siswa dan siswa tidak tuntas yaitu 17 orang siswa, sedangkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I yaitu 32% dan rata-rata 61,2. Berdasarkan tes siklus II dengan perbaikan diperoleh pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru yaitu dengan persentase 79% dan hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa yaitu dengan skor 86, dari ketuntasan individu siswa yang tuntas belajarnya 22 siswa dari 25 siswa dan siswa yang tidak tuntas dalam belajar yaitu 3 siswa, sedangkan ketuntasan klasikal hasil perbaikan pada siklus II yaitu 88% dan sedangkan rata-rata 80,4. Dari siklus Idan II diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dalam pokok bahasan Peristiwa Alam Beserta Dampaknya.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teaching, Learning, Learning Outcomes, Discussion Methods
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 14 Feb 2020 02:45
Last Modified: 14 Feb 2020 02:45
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/276

Actions (login required)

View Item View Item