UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 064023 MEDAN

SINUHAJI, KEREN MIMA, 1905030134 (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 064023 MEDAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (595kB)
[img] Text
ABSTRAK (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (166kB)
[img] Text
BAB I (1).pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (302kB)
[img] Text
BAB-II..pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (508kB)
[img] Text
BAB-III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR-PUSTAKA Pdf.pdf

Download (167kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media audio visual terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada Gaya Magnet pada siswa kelas V SD Negeri 064023 Jl. Jamin Ginting Kilometer 12 Medan Tahun Ajaran 2023/2024. Masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan Media AudioVisual dapat meningkatkan hasil belajar pada pokok gaya magnet di Kelas V SD Negeri 064023 Jl. Jamin Ginting Kilometer 12 Medan Tahun Ajaran 2023/2024. Pelaksanaan tindakan dalam penelitian ini adalah peneliti dan guru kelas sebagai observer. Sedangkan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 41 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi dan tes. Dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang dimulai dari siklus I hingga siklus II. Hasil observasi terhadap aktivitas guru pada siklus I adalah 56,6% yang meningkat di siklus ke II menjadi 67%. Untuk hasil observasi terhadap aktivita siswa pada siklus I adalah 58,18 kemudian meningkat pada siklus II menjadi 72,72. Pada hasil belajar siswa didapati siswa yang tuntas belajarnya pada siklus I sebanyak 30 orang siswa dengan persentase 73,17% dan rata-rata 77,01. Kemudian, ketuntasan belajar siswa pada siklus II mencapai 36 orang siswa yang berhasil dengan persentase 87,80% dan nilai rata-rata 89,20. Jadi dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media audio visual pada siswa kelas V SD Negeri 064023 Jl. Jamin Ginting Kilometer 12 Medan Tahun Ajaran 2023/2024. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa melalui penggunaan media audio visual dalam pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning outcomes, Audio Visual Media.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
UNSPECIFIEDR. L. Holmes Parhusip, S. Pd., M. PdHolmesphsp720@gmail.comNIDN. 0128098002
UNSPECIFIEDRestio Sidebang, S. Pd., M. Pddosen@gmail.comNIDN. 0129038101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: KEREN MIMA SINUHAJI
Date Deposited: 30 May 2024 07:28
Last Modified: 30 May 2024 07:28
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2762

Actions (login required)

View Item View Item