PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PINTAR MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 101851 KWALA LAU BICIK KABUPATEN DELI SERDANG T.P 2023/2024

PERANGIN ANGIN, APRILIANI BR, 2005030180 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PINTAR MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 101851 KWALA LAU BICIK KABUPATEN DELI SERDANG T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (704kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (463kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (384kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (704kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (414kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat tingkat kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran Papan Pintar Materi Sistem Pencernaan Manusia di SD Negeri 101851 Kwala Lau Bicik serta produk yang dikembangkan oleh peneliti dalam bentuk media pembelajaran. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 14 November 2023 sampai 02 Februari 2024. Subjek penelitian ini adalah keseluruhan siswa SD kelas V yang berjumlah 22 orang dan objek penelitiaan adalah 6 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah Research & Development (R&D) dengan menggunakan Model ADDIE yang terdapat lima tahapan didalamnya yaitu Analisis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Hasil penelitian menunjukan kevalidan dilihat dari hasil penilaian validator berupa lembar validasi yakni, validator materi sebelum revisi sebesar 85.00% dan sesudah revisi sebesar 97.50% dan validator media sebelum revisi sebesar 67.50% dan sesudah revisi sebesar 95.00% sehingga rata-rata pesentase dari kedua validator adalah 96.25% dan termasuk dalam kategori sangat valid, serta kepraktisan media dapat dilihat dari penilaian angket respon guru dengan nilai persentase 97.50% sehingga termasuk kedalam kategori sangat praktis. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran papan pintar sistem pencernaan manusia yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dan sangat praktis dalam penggunaanya untuk proses pembelajaran di sekolah khususnya pada materi Sistem Pencernaan Manusia.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Smart Board, Development, Human Digestive System
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Srie Faizah Lisnasari, M.Silisnasari.2502@gmail.comNIDN. 0025026706
Pembimbing IIRita Herlina Br Perangin Angin, S.Pd.,M.Pdritaherlina616@gmail.comNIDN. 0129078503
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: APRILIANI BR PERANGIN ANGIN
Date Deposited: 30 May 2024 04:13
Last Modified: 30 May 2024 04:13
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2770

Actions (login required)

View Item View Item