SANTIKA, NOVA DUWI, 2005030287 (2024) PENGARUH MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI RANTAI MAKANAN KELAS V SD NEGERI 060938 MEDAN T.A 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER..pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (776kB) |
|
Text
ABSTRAK..pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (454kB) |
|
Text
BAB I..pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (360kB) |
|
Text
BAB II...pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (569kB) |
|
Text
BAB III-V..pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (788kB) |
|
Text
DAPUS.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (227kB) |
|
Text
LAMPIRAN..pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada Pengaruh Model Numbered head together (NHT) berbantuan Media audio visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Rantai Makanan Kelas V SD Negeri 060938 Medan Tahun Ajaran 2023/2024”. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 48 orang siswa yakni seluruh siswa kelas V SD Negeri 060938 Medan Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian quasi eksperimen dengan teknik pemilihan yaitu total sampel di kelas VA sebagai kelas eksperimen dan diajarkan dengan menggunakan Model Numbered head together (NHT) berbantuan Media audio visual. Kelas V B sebagai kelas kontrol yang di ajarkan dengan Model Numbered head together (NHT). Teknik pengambilan data penelitian adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk essay test. Analisis data mengunakan uji prasyarat (normalitas, homogenitas) dan uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar dapat dilihat dari kontrol X, kelas eksperimen 82.75 dan X 77.08. Data post test dengan uji lilifors kelas eksperimen di peroleh L0 = 0.1961 < L(0.05)(24) = 0.2036 untuk a =5% dari jumlah siswa 24, maka H0 diterima, sehingga data hasil belajar yang diajar dengan Model Numbered head together (NHT) berbantuan Media audio visual berdistribusi normal. Dan data hasil belajar kelas yang diajar dengan Model Numbered head together (NHT) diuji kenormalannya dengan uji lilliefors diperoleh L0 = 0.1992< L(0.05)(24) = 0.2036 untuk a = 5% dari jumlah siswa 24, maka H0 diterima, sehingga data hasil belajar yang diajar dengan pembelajaran Model Numbered head together (NHT) berdistribusi normal. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh harga F = 1.08 < F(0.05)(21)(19)= 1.97 untuk a = 5%, n1 = 24 n2 = 24. Maka H0 diterima, sehingga data hasil belajar kelas yang diajar Model Numbered head together (NHT) berbantuan Media audio visual dan kelas yang diajar Model Numbered head together (NHT) mempunyai Varians yang homogen. Dapat dilanjutkan dengan pengujian hipotesis dengan rumus uji independen antara dua faktor data hasil belajar kelas yang diajar dengan Model Numbered head together (NHT) berbantuan Media audio visual dan kelas yang diajar dengan Model Numbered head together (NHT), sehingga diperoleh hasil x2 = 6.81> x2(0.95)(2) = 5.99 karena x2 > x2(0.95)(2) maka H0 ditolak H1 diterima.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | NHT model, audio visual media, student learning outcomes. | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | NOVA DUWI SANTIKA | ||||||||||||
Date Deposited: | 29 May 2024 08:17 | ||||||||||||
Last Modified: | 29 May 2024 08:17 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2772 |
Actions (login required)
View Item |