PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MINIATUR MATA PELAJARAN IPA MATERI STRUKTUR LAPISAN BUMI KELAS V SD NEGERI 101851 KWALA LAU BICIK KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2023/2024

RIANA, WINDA FEBY, 2005030148 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MINIATUR MATA PELAJARAN IPA MATERI STRUKTUR LAPISAN BUMI KELAS V SD NEGERI 101851 KWALA LAU BICIK KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (584kB)
[img] Text
ABSTRAK FIX.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (466kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (371kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (531kB)
[img] Text
BAB III - V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (892kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (4).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (330kB)
[img] Text
LAMPIRAN (5).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran berupa miniatur di SD Negeri 101851 Kwala Lau Bicik, serta produk yang dikembangkan oleh peneliti dalam bentuk media pembelajaran tersebut. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 101851 Kwala Lau Bicik pada tahun pelajaran 2023/2024, mulai dari 14 September 2023 hingga 02 Februari 2024. Subjek penelitian terdiri dari 22 siswa kelas V sebagai objek penelitian dari guru kelas V sebagai objek penelitian. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menerapkan Model ADDIE, yang meliputi lima tahapan: Design, Development, Implementation, dan Evaluation.Hasil evaluasi awal dari angket pertama yang disampaikan kepada validator materi menunjukkan tingkat kevalidan sebesar 62,5% (Tidak Valid), sedangkan dari validator media sebesar 82,5% (Cukup Valid). Setelah dilakukan revisi, tingkat kevalidan dari validator materi meningkat menjadi 97,5% (Sangat Valid), sementara validator media mencapai 95% (Sangat Valid). Hal ini membuktikan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti telah valid dan sesuai untuk digunakan oleh guru dalam mengajar materi struktur lapisan bumi.Selain itu, hasil anngket respon guru menunjukkan bahwa media pembelajaran miniatur ini sangat praktis dengan tingkat kesesuaian mencapai 97,5% (Sangat Valid) dalam konteks pembelajaran. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran miniatur yang dikembangkan oleh peneliti telah terbukti valid dan praktis dalam mendukung proses pembelajaran.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Miniature, Development, Earth's Layer Structure
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr.Srie Faizah Lisnasari, M.Silisnasari.2502@gmail.comNIDN. 0025026706
Pembimbing IIRita Herlina Perangin Angin, S.Pd.,M.Pdritaherlina616@gmail.comNIDN. 0129078503
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: WINDA FEBY RIANA
Date Deposited: 30 May 2024 04:15
Last Modified: 30 May 2024 04:15
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2773

Actions (login required)

View Item View Item