RIANA, WINDA FEBY, 2005030148 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MINIATUR MATA PELAJARAN IPA MATERI STRUKTUR LAPISAN BUMI KELAS V SD NEGERI 101851 KWALA LAU BICIK KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (584kB) |
|
Text
ABSTRAK FIX.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (466kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (371kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (531kB) |
|
Text
BAB III - V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (892kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA (4).pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (330kB) |
|
Text
LAMPIRAN (5).pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran berupa miniatur di SD Negeri 101851 Kwala Lau Bicik, serta produk yang dikembangkan oleh peneliti dalam bentuk media pembelajaran tersebut. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 101851 Kwala Lau Bicik pada tahun pelajaran 2023/2024, mulai dari 14 September 2023 hingga 02 Februari 2024. Subjek penelitian terdiri dari 22 siswa kelas V sebagai objek penelitian dari guru kelas V sebagai objek penelitian. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menerapkan Model ADDIE, yang meliputi lima tahapan: Design, Development, Implementation, dan Evaluation.Hasil evaluasi awal dari angket pertama yang disampaikan kepada validator materi menunjukkan tingkat kevalidan sebesar 62,5% (Tidak Valid), sedangkan dari validator media sebesar 82,5% (Cukup Valid). Setelah dilakukan revisi, tingkat kevalidan dari validator materi meningkat menjadi 97,5% (Sangat Valid), sementara validator media mencapai 95% (Sangat Valid). Hal ini membuktikan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti telah valid dan sesuai untuk digunakan oleh guru dalam mengajar materi struktur lapisan bumi.Selain itu, hasil anngket respon guru menunjukkan bahwa media pembelajaran miniatur ini sangat praktis dengan tingkat kesesuaian mencapai 97,5% (Sangat Valid) dalam konteks pembelajaran. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran miniatur yang dikembangkan oleh peneliti telah terbukti valid dan praktis dalam mendukung proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Miniature, Development, Earth's Layer Structure | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | WINDA FEBY RIANA | ||||||||||||
Date Deposited: | 30 May 2024 04:15 | ||||||||||||
Last Modified: | 30 May 2024 04:15 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2773 |
Actions (login required)
View Item |