PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DIKELAS IV SDN 102095 TEBINGSYAHBANDAR T.A 2023/2024

SIRINGO RINGO,TRIANA IRA BR, 2005030227 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DIKELAS IV SDN 102095 TEBINGSYAHBANDAR T.A 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER WTM.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (293kB)
[img] Text
ABSTRAK Watermark.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (133kB)
[img] Text
BAB I WTM.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (241kB)
[img] Text
BAB II WTM.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (497kB)
[img] Text
BAB III-V WTM.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA WTM.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (135kB)
[img] Text
L A M P I R A N.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together materi cerita tentang daerahku pada mata pelajaran IPAS dikelas IV SD Negeri 102095 Tebingsyahbandar Tahun Pelajaran 2023/2024. Populasi dalam penelitian akan dilakukan adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 102095 Tebingsyahbandar TA 2023/2024 sebanyak 40 siswa yang terbagi dalam dua kelas paralel. Adapun teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampling total dikarenakan jumlah populasi dalam penelitian ini kurang dari 100 . Adapun masalah dalam penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi cerita tentang daerahku.Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain penelitian Pre Test dan Post Test yang menggunakan dua kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas IVA (eksperimen) sebanyak 20 siswa, yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dan kelas IVB (Kontrol) yang berjumlah 20 siswa menggunakan metode pembelajaran konvensional. Insterumen penelitian yang digunakan adalah tes essay sebanyak 10 soal. Berdasar perhitungan nilai rata-rata diperoleh nilai akhir siswa pada kelas eksperiman dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together iyalah 90,008 dan nilai rata- rata akhir siswa pada kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional iyalah 75,91 kriteria sedang. Hasil hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t, hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi cerita tentang daerahku menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas IV SD Negeri 102095 Tebingsyahbandar 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Numbered Head Together Model, Learning Outcomes, Science
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IIRWANSYAH, S.Pd,.M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0115098701
Pembimbing IIDr. Gemala Widiyarti, S.Sos.I.,M.Pd.dosen@gmail.comNIDN. 0123098602
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: IRA TRIANA SIRINGORINGO
Date Deposited: 29 May 2024 04:29
Last Modified: 29 May 2024 04:29
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2777

Actions (login required)

View Item View Item