EMANINTA, DILLA, 2005030015 (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP RETENSI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 101814 PERIA-RIA T.A 2023/2024. Masters thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
1 COVER DILLA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (668kB) |
|
Text
2 ABSTRAK DILLA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (202kB) |
|
Text
3 BAB 1 DILLA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (231kB) |
|
Text
4 BAB 2 DILLA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (591kB) |
|
Text
5 BAB 3-5 DILLA.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (347kB) |
|
Text
6 DAFTAR PUSTAKA DILLA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (396kB) |
|
Text
7 LAMPIRAN DILLA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Mind Mapping terhadap retensi belajar siswa kelas IV SD Negeri 101814 peria-ria Tahun Ajaran 2023/2024. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101814 peria-ria pada tanggal 24-25 Januari 2024 sebagai subyeknya 22 orang kelas IV-A dan jumlah kelas IV –B 22 orang. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuntitatif yang mengacu pada jenis pendekatan penelitian ini quasi eksperimen dengan intrumen penelitian adalah tes essay sebanyak 5 soal. Sebelum melakukan pembelajaran nilai tes awal kelas IV-A = 33,5 dan nilai rata-rata kelas iv-b = 35,45 . setelah dilaksanakan pembelajaran pada kelas V-A menggunakan metode Mind Mapping dan setelah dilakukan tes akhir siswa memperoleh rata-rata 81,06. Sedangkan hasil belajar siswa pada kelas IV-B dengan menggunakan metode konvensional memperoleh 71,81. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran Mind Mapping berpengaruh terhadap retensi belajar siswa kelas IV SD Negeri 101814 peria ria Tahun Ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mind Mapping Method, Retention of science Learning | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | DILLA EMANINTA | ||||||||||||
Date Deposited: | 29 May 2024 03:42 | ||||||||||||
Last Modified: | 29 May 2024 03:42 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2778 |
Actions (login required)
View Item |