MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN PKN POKOK BAHASAN KEBEBASAN BERORGANISASI DI KELAS V SD NEGERI 040471 KAMPUNG MERDEKA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SURBAKTI, JESICA MARINA BR, 1505030071 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN PKN POKOK BAHASAN KEBEBASAN BERORGANISASI DI KELAS V SD NEGERI 040471 KAMPUNG MERDEKA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (729kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (238kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (315kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (399kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (656kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (177kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakana Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mata Pelajaran PKn di Kelas V SD Negeri 040471 Kampung Merdeka Tahun Pelajaran 2018/2019. Lokasi dalam penelitian ini adalah SD Negeri 040471 Kampung Merdeka. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 040471 Kampung Merdeka yang berjumlah 32 orang siswa dan sebagai Objek adalah Penggunaan Model Kooperatif Tipe Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes uraian dan lembar observasi. Berdasarkan hasil pelaksanaan pembelajaran pada siklus II, diperoleh pelaksaan observasi aktivitas guru 80% berkriteria Baik. Dimana hasil belajar siswa dari 32 siswa yang tuntas belajarnya diperoleh 86% berkriteria baik. Ketuntasan secara klasikal diperoleh 87,5% dan nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 85 adanya perbedaan kemampuan siswa yang signifikan ini setelah dilaksanaan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Model Of Kooperatif Tipe Jigsaw Models
Subjects: 300 Sosial Science > 320 Political and Government Science > 323 Civil Rights > 323.6 Citizenship
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 14 Feb 2020 02:55
Last Modified: 14 Feb 2020 02:55
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/278

Actions (login required)

View Item View Item