PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI PANCASILA DIKELAS III SD NEGERI 068005 MEDAN TUNTUNGAN T.A 2023/2024

PELAWI, DEVA JUNIARTA BR, 2005030160 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI PANCASILA DIKELAS III SD NEGERI 068005 MEDAN TUNTUNGAN T.A 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Think pair share terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PKn materi pancasila. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Quasi Eksperimen dengan instrumen penelitian tes esai sebanyak 5 soal. Hasil rata-rata nilai test akhir yang diperoleh kelas III-A 84 yakni kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran think pair share dan kelas III-B 69 yakni kelas kontrol yang di ajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran think pair share tabel frekuensi nilai tes akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat didistribusikan dalam tabel frekuensi dan digambarkan dalam bentuk diagram untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilaksanakn pembelajaran dengan model think pair share.pengujian hipotesis menggunakan uji independent antara dua faktor dengan taraf signifikan x2hitung= 7,506 x2tabel =1,688 maka nilai x2hitung>x2tabel diterima H1 diterima.Dari hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan Model Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar PKn Materi Pancasila dikelas III SD Negeri 068005 Medan Tuntungan.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Think pair share Model, PKn learning outcomes
Subjects: 300 Sosial Science > 301 Sociology and Anthropology, Human, Society
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IKrista Surbakti, S.Pd.,M.SiKristasurbakti@gmail.comNIDN. 0110078402
Pembimbing IIMuhammad Daliani, S.Pd.,M.SiMuhammaddaliani@gmail.comNIDN. 0128088804
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: DEVA JUNIARTA BR PELAWI
Date Deposited: 29 May 2024 07:56
Last Modified: 29 May 2024 07:56
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2787

Actions (login required)

View Item View Item