PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN KERTAS ORIGAMI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III MATERI ENERGI DAN PERUBAHANYA SD NEGERI 105268 TELAGA SARI T.A 2023/2024

SEMBIRING, DEBY CYNTIA BR, 2005030224 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN KERTAS ORIGAMI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III MATERI ENERGI DAN PERUBAHANYA SD NEGERI 105268 TELAGA SARI T.A 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER - DAFTAR ISI BARU.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (239kB)
[img] Text
ABstrak repositori.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (23kB)
[img] Text
BAB 1 REPOSITORI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (340kB)
[img] Text
bab 2 REPOSITORY.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (786kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA REPOSITORY.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (20kB)
[img] Text
Lampiran REPOSITORY.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan Model pembelajaran Talking Stick berbantuan kertas origami, hasil belajar siswa tanpa dengan menggunakan Model pembelajaran Talking Stick berbantuan kertas origami, dan pengaruh penggunaan Model pembelajaran Talking Stick berbantuan kertas origami terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas III SDN 105268 Telaga Sari Tahun Ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian pretest dan postest. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 105268 Telaga Sari Tahun Ajaran 2023/2024. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh jumlah siswa kelas III yang berjumlah 51 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas III-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 26 siswa dan kelas III-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 25 siswa. Hasil analisis jumlah nilai hasil belajar diperoleh nilai yang signifikan, pengujian hipotesis menggunakan rumus uji independen dua faktor untuk kelas eksperimen dan kontrol yaitu nilai X² hitung = 9,21 dan nilai X² tabel = 7,81 karena X² hitung > X²tabel maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar IPA di kelas III SD Negeri 105268 Telaga Sari Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Talking Stick , Science Lessons
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Yason.Mendrofa, M.Pdyasonmendrofa@gmail.comNIDN. 0102075901
Pembimbing IIDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pddapot1002@gmail.comNIDN. 0010026601
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: DEBY CYNTIA BR SEMBIRING
Date Deposited: 30 May 2024 05:04
Last Modified: 30 May 2024 05:04
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2789

Actions (login required)

View Item View Item