MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARA IPA POKOK BAHASAN SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS V SD NEGERI 040474 TIGA SERANGKAI T.P 2018/2019

GURUSINGA, AGRI GIOFANI, 1505030470 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARA IPA POKOK BAHASAN SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS V SD NEGERI 040474 TIGA SERANGKAI T.P 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (641kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (346kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (591kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (470kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (830kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (334kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan Menggunakan Model Picture And Picture di Kelas IV SD Negeri 040474 Tiga Serangkai 2018/2019. Lokasi penelitian ini adalah di Kelas IV SD Negeri 040474 Tiga Serangkai yang berjumlah 25 orang siswa dan sebagai objek penelitian ini adalah penggunaan Model Picture And Picture pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Sistem Pernapasan Manusia. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrument yang digunakan berupa tes tertulis yang berbentuk pilihan berganda dan lembar observasi. Dari hasil penelitian siklus I diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru dengan persentase 60% dan pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa mendapat skor 68, sedangkan dari ketuntasan individu siswa yang tuntas belajarnya yaitu 10 siswa dari 25 siswa dan siswa tidak tuntas yaitu 15 orang siswa, sedangkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I yaitu 40% dan rata-rata 6,2. Berdasarkan tes siklus II dengan perbaikan diperoleh pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru yaitu dengan persentase 80 % dan hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa yaitu dengan skor 86, dari ketuntasan individu siswa yang tuntas belajarnya 22 siswa dari 25 siswa dan siswa yang tidak tuntas dalam belajar yaitu 3 siswa, sedangkan ketuntasan klasikal hasil perbaikan pada siklus II yaitu 88% dan sedangkan rata-rata 7,9. Dari siklus Idan II diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dalam pokok bahasan Sistem Pernapasan Manusia.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Picture And Picture Models.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Elisa, M.Pd-NIP. 196106011988012001
Pembimbing IIBijak Ginting, S.Sn., M.Hum-NIDN. 0108046804
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 14 Feb 2020 02:59
Last Modified: 18 Dec 2020 07:16
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/279

Actions (login required)

View Item View Item