SIMARMATA, VINY PUTRI REGINA BR, 2005030109 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DI UPT SD NEGERI 065013 MEDAN T.A. 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
ABSTRAK .pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (38kB) |
|
Text
BAB I .pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (175kB) |
|
Text
BAB II .pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (232kB) |
|
Text
BAB III-V .pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (895kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (139kB) |
|
Text
LAMPIRAN .pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (997kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran make a match materi Perjuangan Pada Masa Penjajahan Belanda diajar pada mata pelajaran IPS. Dilaksanakan di kelas V UPT SD Negeri 065013 Medan. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain penelitian Pre-Test dan Post-Test yang menggunakan dua kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas Va (eksperimen)sebanyak 20 siswa, yang menggunakan media audio visual dan kelas IVB (Kontrol) yang berjumlah 22 siswa menggunakan metode pembelajaran konvensional. Insterumen penelitian yang digunakan adalah tes essay sebanyak 5 soal. Berdasar perhitungan nilai rata-rata diperoleh nilai akhir siswa pada kelas eksperiman dengan menggunakan model pembelajaran make a match iyalah 88,00 dan nilai rata-rata akhir siswa pada kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional iyalah 67,38 kriteria sedang. Hasil hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t, hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Perjuangan Pada Masa Penjajahan Belanda lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas V UPT SD Negeri 065013 Medan T.A. 2023/2024.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Make a Match, Learning Results, Social Sciences | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | VINY PUTRI REGINA BR SIMARMATA | ||||||||||||
Date Deposited: | 30 May 2024 03:57 | ||||||||||||
Last Modified: | 30 May 2024 03:57 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2790 |
Actions (login required)
View Item |