PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DI UPT SD NEGERI 065013 MEDAN T.A. 2023/2024

SIMARMATA, VINY PUTRI REGINA BR, 2005030109 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DI UPT SD NEGERI 065013 MEDAN T.A. 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (38kB)
[img] Text
BAB I .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (175kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (232kB)
[img] Text
BAB III-V .pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (895kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (139kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (997kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran make a match materi Perjuangan Pada Masa Penjajahan Belanda diajar pada mata pelajaran IPS. Dilaksanakan di kelas V UPT SD Negeri 065013 Medan. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain penelitian Pre-Test dan Post-Test yang menggunakan dua kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas Va (eksperimen)sebanyak 20 siswa, yang menggunakan media audio visual dan kelas IVB (Kontrol) yang berjumlah 22 siswa menggunakan metode pembelajaran konvensional. Insterumen penelitian yang digunakan adalah tes essay sebanyak 5 soal. Berdasar perhitungan nilai rata-rata diperoleh nilai akhir siswa pada kelas eksperiman dengan menggunakan model pembelajaran make a match iyalah 88,00 dan nilai rata-rata akhir siswa pada kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional iyalah 67,38 kriteria sedang. Hasil hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t, hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Perjuangan Pada Masa Penjajahan Belanda lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas V UPT SD Negeri 065013 Medan T.A. 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Make a Match, Learning Results, Social Sciences
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. ULFAH SARI REZEKI, S.Pd., M.Pdulfahsari6@gmail.comNIDN 106129001
Pembimbing IITINA SHEBA CORNELIA SITOMPUL, S.Pd., M.Pddomtinasitompul@gmail.comNIDN 0120058705
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: VINY PUTRI REGINA BR SIMARMATA
Date Deposited: 30 May 2024 03:57
Last Modified: 30 May 2024 03:57
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2790

Actions (login required)

View Item View Item