PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN IPA KELAS IV SD SWASTA CERDAS BANGSA T.A 2023/2024

PERANGIN ANGIN ELFIYANI BR, 2005030256 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN IPA KELAS IV SD SWASTA CERDAS BANGSA T.A 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
1- SAMPUL yani.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
2- ABSTRAK yani.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
3- BAB I yani.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
4- BAB II yani.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
5-BAB III-V yani.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
6- DAFTAR PUSTAKA yani.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
7- LAMPIRAN yani.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui ada pengaruh penggunaan model pembelajaran model pembelajar mind mapping terhadap hasil belajar IPA materi jenis-jenis hewan berdasarkan jenis makanannya kelas IV SD Swasta Cerdas Bangsa 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Swasta Cerdas Bangsa T.A 2024/2024 yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas IVA berjumlah 28 orang dan IVB berjumlah 27 orang dengan total jumlah siswa 55 orang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimental, Metode eksperimen ini dilakukan untuk mengetahui hasil perbandingan antara kelompok yang diberikan treatment dan yang tidak diberikan treatment. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran mind mapping, sedangakn varibel terikatnya adalah hasil belajar IPA. Metode analisis dilakukan secara deskriptif dan menggunakan uji t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar IPA materi jenis-jenis hewan berdasarkan jenis makanannya kelas IV SD Swasta Cerdas Bangsa 2023/2024 diperoleh nilai rata-rata 88,57. Hasil belajar peserta didik tanpa menggunakan model mind mapping terhadap hasil belajar IPA materi jenis-jenis hewan berdasarkan jenis makanannya kelas IV SD Swasta Cerdas Bangsa 2023/2024 diperoleh nilai rata-rata 78,52. Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi jenis-jenis hewan berdasarkan makanannya di kelas IV SD Swasta Cerdas Bangsa T.A 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mind mapping, learning outcomes, natural science
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs.Sejahtra,, M.Pdsajahtra.212@gmail.comNIDN. 0017096602
Pembimbing IIMuhammad Daliani, S.Pd., M.Simddaniboys@gmail.comNIDN. 0128088804
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ELFIYANI BR PERANGIN ANGIN
Date Deposited: 30 May 2024 02:33
Last Modified: 30 May 2024 02:33
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2791

Actions (login required)

View Item View Item