PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPAS MATERI KEBUTUHAN MANUSIA KELAS IV UPT SDN 060914 T.P 2023/2024

MATONDANG MARIO, 2005030249 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPAS MATERI KEBUTUHAN MANUSIA KELAS IV UPT SDN 060914 T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER ATAU SAMPUL (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (319kB)
[img] Text
Abstrak (2).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (100kB)
[img] Text
CD BAB I.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (154kB)
[img] Text
CD BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (522kB)
[img] Text
BAB III,VI,V.docx.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (491kB)
[img] Text
CD DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (102kB)
[img] Text
LAMPIRAN PENELITIAN (REVISI SIDANG) (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini terdiri dari (1) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran IPAS, (2) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran IPAS, (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar IPA peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV yang berjumlah 43 orang yang terbagi dalam dua kelas dan dijadikan sebagai sampel penelitian. Penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Alat pengumpul data menggunakan esai berjumlah 5 soal dengan level kognitif C_3. Teknik analisis data menggunakan uji t dan uji Chi Kuadrat. Setelah melakukan analisis data terhadap hasil penelitian maka diperoleh (1) hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) materi kebutuhan manusia diperoleh rata-rata 91 dengan kriteria tinggi, (2) hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) materi kebutuhan manusia diperoleh rata-rata 77 dengan kriteria rendah, dan (3) ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar IPAS materi kebutuhan manusia kelas IV UPT SDN 060914 Kec. Sunggal Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STAD. Learning Outcomes, IPAS
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
UNSPECIFIEDUlfah Sari Rezeki, S.Pd., M.Pdulfahsari6@gmail.comNIDN. 1061129001
UNSPECIFIEDRenato Gema Nugraha Hutabarat, SS., M.Pdrenatohutabarat84@gmail.comNIDN. 106054403
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: MARIO MATONDANG
Date Deposited: 30 May 2024 09:20
Last Modified: 30 May 2024 09:20
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2800

Actions (login required)

View Item View Item