RANITA, YAMA, 2005030294 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN KERTAS ORIGAMI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI KEADAAN CUACA KELAS III SD NEGERI NO. 105268 TELAGA SARI T.A 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
Sampul Repository Yama.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (201kB) |
|
Text
Abstrak Repository Yama.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (65kB) |
|
Text
bab 1 yama Repository .pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (574kB) |
|
Text
Bab II Yama Repository .pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (725kB) |
|
Text
BAB III-V Yama Repository .pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA Repository Yama.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (476kB) |
|
Text
Lampiran Repository Yama.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan Model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan kertas origami pada mata pelajaran IPA materi Keadaan Cuaca kelas III di SDN No. 105268 Telaga Sari T.A 2023/2024, untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model kooperatif tipe Team Games Tournment (TGT) tanpa berbantuan kertas origami pada mata pelajaran IPA materi Keadaan Cuaca kelas III di SDN No. 105268 Telaga Sari T.A 2023/2024 , dan pengaruh penggunaan Model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan kertas origami terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas III SDN 105268 Telaga Sari Tahun Ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian pretest dan postest. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 105268 Telaga Sari Tahun Ajaran 2023/2024. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh jumlah siswa kelas III yang berjumlah 51 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas III-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 26 siswa dan kelas III-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 25 siswa. Hasil analisis jumlah nilai hasil belajar diperoleh nilai yang signifikan, pengujian hipotesis menggunakan rumus uji independen dua faktor untuk kelas eksperimen dan kontrol yaitu nilai X² hitung = 9,25 dan nilai X² tabel = 7,81 karena X² hitung > X²tabel maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif TGT berbantuan kertas origami terhadap hasil belajar IPA di kelas III SD Negeri 105268 Telaga Sari Tahun Ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Outcomes, TGT, Origami, Science Lessons | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 550 Earth Sciences 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Yama Ranita | ||||||||||||
Date Deposited: | 30 May 2024 01:41 | ||||||||||||
Last Modified: | 30 May 2024 01:41 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2806 |
Actions (login required)
View Item |