SIMANUNGKALIT, SILVIA WINDASARI, 2005030226 (2024) PENGARUH MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA MATERI KONSEP MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA DI KELAS IV SD NEGERI 064025 MEDAN TUNTUNGAN T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (627kB) |
|
Text
abstrak.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (337kB) |
|
Text
Bab I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (453kB) |
|
Text
Bab II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (479kB) |
|
Text
Bab III - Bab V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (334kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini terdiri dari (1) Untuk mengetahui deskripsi hasil belajar siswa media diorama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 064025 Medan Tuntungan T.P 2023/2024, (2) Untuk mengetahui deskripsi hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 064025 Medan Tuntungan T.P 2023/2024, (3) Untuk mengetahui pengaruh hasil belajar menggunakan Media diorama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 064025 Medan Tuntungan T.P 2023/2024. Ada pun masalah yang dialami sekolah tersebut adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPA materi konsep makhluk hidup dan lingkungannya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 064025 Medan Tuntungan Tahun Pelajaran 2023/2024. Terdiri dari kelas IVA dan IVB dengan jumlah siswa 57 orang. Jumlah siswa dari masing-masing kelas yaitu 29 orang siswa kelas IVA dan 28 orang siswa kelas IVB. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan instrumen penelitian yang digunakan adalah tes Pilihan berganda sebanyak 10 soal. Berdasarkan perhitungan rata-rata tes akhir siswa di kelas eksperimen diperoleh rata-rata 44,83 dan rata-rata tes akhir di kelas konvensional diperoleh rata-rata 44,82 Pengujian hipotesis T menggunakan uji t dengan taraf signifikan hitung T hitung T > Tabel terima H 1 = 8,096 sedangkan tabel T = 1,673 maka nilai atau Ada pengaruh yang signifikan penggunaan media diorama terhadap hasil belajar IPA materi konsep makhluk hidup dan lingkungannya Di kelas IV SD Negeri 064025 Medan Tuntungan T.P 2023/2024.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Outcomes, Diorama Media, Science. | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Silvia Windasari Simanungkalit | ||||||||||||
Date Deposited: | 30 May 2024 07:38 | ||||||||||||
Last Modified: | 30 May 2024 07:38 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2816 |
Actions (login required)
View Item |