PENGARUH METODE PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 097377 NAGORI UJUNG BAWANG T.A 2023/2024

GINTING, OCTORI NURIKA BR, 2005030290 (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 097377 NAGORI UJUNG BAWANG T.A 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
DOC-20240530-WA0003..pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (363kB)
[img] Text
DOC-20240530-WA0004..pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (85kB)
[img] Text
DOC-20240530-WA0005..pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (139kB)
[img] Text
DOC-20240530-WA0006..pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (497kB)
[img] Text
DOC-20240530-WA0007..pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (547kB)
[img] Text
DOC-20240530-WA0008..pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (130kB)
[img] Text
DOC-20240530-WA0009..pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa tanpa mengunakan metode quantum learning. Penelitian ini juga dilaksanakan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode quantum learning terhadap hasil belajar IPA siswa pada materi keadaan awan dan cuaca, serta mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa SDN 097377 Nagori Ujung Bawang. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 097377 Nagori Ujung Bawang. Adapun masalah dalam penelitian ini ialah pembelajaran IPA yang kurang menarik dan masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaarn IPA. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain penelitian Pre Test dan Post Test yang menggunakan dua kelas. Insterumen penelitian yang digunakan adalah tes essay sebanyak 5 soal.Berdasar perhitungan nilai rata-rata diperoleh nilai akhir siswa pada kelas eksperiman dengan menggunakan metode pembelajaran quantum learning 83,36 dan nilai rata-rata akhir siswa pada kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional62,54. Hasil hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t, hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi keadaan awan dan cuaca menggunakan metode quantum learning lebih tinggi dari pada hasil belarajar siswa menggunakan metode pembelajaran konvensiaonal di kelas V SDN 097377 Nagori Ujung Bawang 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Additional Information: Quantum Learning method, learning outcomes,Sains
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
UNSPECIFIEDIrwansyah, S.Pd.,M.PdDosen@email.comNIDN. 0115098701
UNSPECIFIEDRestio Sidebang, S.Pd.,M.PdDosen@email.comNIDN. 0129038101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: OCTORI NURIKA BR GINTING
Date Deposited: 30 May 2024 02:40
Last Modified: 30 May 2024 02:40
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2817

Actions (login required)

View Item View Item