SIAGIAN, MEGARIA WATY STEVANI, 2005030145 (2024) PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DI INDONESIA MATA PELAJARAN IPAS PADA SISWA KELAS IV SDN 060922 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (704kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (367kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (338kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (699kB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (335kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar tanpa menggunakan video pembelajaran, untuk mengetahui minat belajar dengan menggunakan video pembelajaran, untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara video pembelajaran terhadap minat belajar siswa pada materi Keragaman Suku Bangsa di Indonesia dalam Mata Pelajaran IPAS pada siswa kelas IV SD Negeri 060922 Medan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen dengan desain One Group Design yang hanya melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen atau kelas uji coba dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Video Pembelajaran terhadap Minat Belajar Pada Materi Keragaman Suku Bangsa di Indonesia Mata Pelajaran IPAS Pada Siswa kelas IV SDN 060922 Medan Tahun Ajaran 2023/2024. Adapun lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 060922 Medan tepatnya berada di Jl. Kemuning, Tj. Rejo, Kecamatan Medan Sunggal dan waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 6 Februari 2024 selama 1 hari. Subjek penelitian ini adalah SD Negeri 060922 Medan kelas IV yang berjumlah 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh video pembelajaran dilihat dari hasil uji validitas dan reliabel terdapat 20 pernyataan angket yang valid dan reliabel yang digunakan sebagai instrumen penelitian, dapat dilihat dari uji normalitas Angket awal dengan nilai rata-rata 80,9 dikategorikan sedang dan Angket akhir dengan nilai rata-rata 87 dikategorikan sedang dan berdistribusi normal, dapat dilihat dari uji hipotesis dengan rumus uji-t dapat diketahui bahwa nilai t hitung sebesar - 14,23 dengan frekuensi (dk) sebesar 20-1 = 19, pada taraf signifikasi 0,05 diperoleh t tabel 2,09. Oleh karena itu -t_hitung < -t_(tabel )pada signifikan 0,05, maka hipotesis Ho diterima yang berarti bahwa tidak ada Pengaruh Video Pembelajaran terhadap Minat Belajar Pada Materi Keragaman Suku Bangsa di Indonesia Mata Pelajaran IPAS Pada Siswa kelas IV SDN 060922 Medan Tahun Ajaran 2023/2024.Simpulan penelitian ini adalah Video Pembelajaran tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar siswa kelas IV SD Negeri 060922 Medan. Untuk itu disarankan bagi siswa untuk selalu fokus dalam memperhatikan pembelajaran serta menghargai guru ketika sedang berbicara/menjelaskan pelajaran saat proses pembelajaran berlangsung.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Effect of Learning Videos, Learning Interest IPAS | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 550 Earth Sciences 300 Sosial Science 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | MEGARIA WATY STEVANI SIAGIAN | ||||||||||||
Date Deposited: | 31 May 2024 02:21 | ||||||||||||
Last Modified: | 31 May 2024 02:21 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2829 |
Actions (login required)
View Item |