PENGARUH MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV UPT SD NEGERI 065013 MEDAN T.P 2023/2024

RILLYANI, NADILLA, 2005030092 (2024) PENGARUH MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV UPT SD NEGERI 065013 MEDAN T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
Cover Skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak Skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (455kB)
[img] Text
BAB I Skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (409kB)
[img] Text
BAB II Skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (494kB)
[img] Text
BAB III-BAB V Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (857kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (386kB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran powerpoint interaktif materi Kenampakan Alam pada mata pelajaran IPS.. Dilaksanakan di kelas IV UPT SD Negeri 065013 Medan. Adapun masalah dalam penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Kenampakan Alam.. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain penelitian Pre Test dan Post Test yang menggunakan dua kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas IV A (eksperimen) sebanyak 20 siswa, yang menggunakan media pembelajaran powerpoint interaktif dan kelas IV B (Kontrol) yang berjumlah 16 siswa menggunakan media pembelajaran gambar. Insterumen penelitian yang digunakan adalah tes essay sebanyak 5 soal. Berdasar perhitungan nilai rata-rata diperoleh nilai akhir siswa pada kelas eksperiman dengan menggunakan media pembelajaran powerpoint interaktif iyalah 84 dan nilai rata-rata akhir siswa pada kelas kontrol dengan menggunakan media pembelajaran gambar iyalah 61,65. Hasil hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t, hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan media powerpoint interaktif pada mata pelajaran IPS materi Kenampakan Alam lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran gambar di kelas III UPT SD Negeri 065013 Medan T.P. 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Social Sciences, Interactive Powerpoint
Subjects: 300 Sosial Science > 301 Sociology and Anthropology, Human, Society
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing ISiti Zahara H. Harahap, M. Pdzahraharahap.zh@gmail.comNIDN. 0114078802
Pembimbing IITina Sheba Cornelia Sitompul, M. Pddomtinasitompul@gmail.comNIDN. 0120058705
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: NADILLA RILLYANI
Date Deposited: 30 May 2024 07:23
Last Modified: 30 May 2024 07:23
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2831

Actions (login required)

View Item View Item